Kerajinan Lukisan Karya Napi Di Klaten

0 120

Kerajinan Lukisan Karya Napi Di Klaten

Berkah kemerdekaan didapat oleh pelukis narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Klaten. Pameran lukisan yang digelar oleh napi Lapas Klaten menarik minat jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Klaten. Sedikitnya dua lukisan karya napi diborong oleh pejabat saat pameran kerajinan tadi pagi.

Lukisan tersebut merupakan karya dari Lalang Buana warga Kendal seorang napi dalam kasus penggelapan. Hampir enam bulan terakhir selama menjalani masa hukuman ini dihabiskan Lalang dengan melukis. Atas kasus penggelapan yang dilakukannya, Lalang divonis kurungan 7,5 bulan.

Darah seni menurun dari sang ayah yang juga pelukis. Namun, Lalang lebih memilih aliran realis. Maka tak heran jika kebanyakan hasil karyanya mirip dengan obyek asli seperti fauna, flora, dan manusia. Salah satu karya Lalang yakni lukisan potret Plt Bupati Klaten Sri Mulyani. Lukisan itu menjadi cenderamata simbolis dari warga binaan Lapas untuk Plt Bupati.

Goresan tangan Lalang di kain kanvas ternyata menarik minat Plt Bupati Sri Mulyani. Saat meninjau pameran kerajinan warga binaan, Mulyani sempat berhenti di depan lukisan burung Kepodang. Beberapa saat Mulyani mengamati lukisan dengan ukuran cukup besar itu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli lukisan tersebut dengan harga Rp 1 juta.

Tak hanya Mulyani, Kapolres Klaten AKBP M Darwis juga ikut kepincut dengan karya Lalang. Darwis pun membeli lukisan ikan koi seharga Rp 300 ribu.

”Senang ternyata lukisan saya diminati. Belum tahu nanti uangnya untuk apa. Mungkin untuk keluarga,” katanya.

Plt Bupati Klaten Sri Mulyani mengungkapkan, hasil kerajinan warga binaan Lapas Klaten tak kalah dengan kerajinan yang ada di luar. Menurutnya, keterampilan dapat dikembangkan menjadi bekal penting saat warga binaan kembali ke keluarga dan masyarakat.

”Saya lihat tadi cukup bagus-bagus dan kreatif. Produknya unik. Jangan sampai bekal keterampilan yang sudah bagus ini nanti tidak dimanfaatkan saat sudah keluar dari Lapas,” ujar Mulyani.

Source http://klaten.sorot.co/ http://klaten.sorot.co/berita-3485-bupati-dan-kapolres-kepincut-lukisan-karya-napi-lapas-klaten.html
Comments
Loading...