Kerajinan Lukisan Karya Napi Di Solo

0 124

Kerajinan Lukisan Karya Napi Di Solo

Jeruji penjara terkadang membawa inspirasi bagi seorang narapidana yang memiliki darah seni. Buktinya, Indra Kusuma, narapidana di Rumah Tahanan Kelas I Surakarta, Jawa Tengah. Dalam keterbatasan ruang, gerak, dan suasana, ayah empat anak ini mampu berkarya. Alhasil, sebanyak 38 lukisan karya warga Surakarta itu dipamerkan di Rutan Surakarta, mulai pekan ini.

Indra adalah terpidana 10 tahun karena kasus penganiayaan dan narkoba. Dia mulai menghuni hotel prodeo sejak dua tahun silam. Sejak saat itulah, kata Indra, waktu luangnya banyak diisi dengan mencoret-coretkan kuas. Menurut Indra, melukis dalam kondisi serba terbatas tak semudah mengekspresikan diri disaat bebas. Karena itu, lukisan Indra kebanyakan bergaya realis. Selain mahir melukis, Indra juga ternyata pandai mencipta lagu dan membuat kerajinan.

Atas prestasinya itu, Museum Rekor Indonesia memberikan penghargaan kepada Indra. Dia tercatat sebagai napi pertama di Indonesia yang mampu menggelar pameran lukisan di penjara. Tak hanya itu, Indra juga dianugerahi penghargaan karena tercatat sebagai napi pertama yang mampu menularkan ilmu membuat berbagai kerajinan kepada masyarakat luar.

Menurut Ketua Umum MURI Jaya Suprana, pameran lukisan Indra ini menunjukkan paradigma baru dalam pengelolaan rutan yang sudah terbuka, humanis, dan berbudaya. Rencananya, seluruh karya Indra akan dipamerkan bersama karya napi lain se-Asia di Bali, akhir Oktober ini.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/news/read/42526/narapidana-pelukis-asal-surakarta-masuk-muri
Comments
Loading...