Kerajinan Lukisan Limbah Kulit Bawang Di Buleleng

0 304

Kerajinan Lukisan Limbah Kulit Bawang Di Buleleng

Melukis dengan media kanvas, itu kayaknya sudah biasa yah. Ini ada yang spesial dan istimewa. Seniman melukis dengan memanfaatkan limbah kulit bawang putih. Di Bali nih Ko. Apa sih yang ada di Bali, apa saja bisa dijadikan karya seni dan seni tinggi yah. Hasilnya, karya unik yang menarik konsumen manca negara.

Merangkai makna dengan kuas dan cat air, teliti menyusun satu demi satu kulit bawang putih di atas kanvas. Perpaduan ini membentuk dimensi yang unik dan berbeda Inilah karya lukis yang dimiliki Ketut Samuderawan. Seniman asal Nagasepaha, Buleleng ini sengaja memakai kulit bawang putih sebagai ciri khas karyanya.

Serat kulit bawang putih yang unik jadi kan karyanya lebih berkarakter. Kian menarik, karena ia mengkombinasikan teknik kolase di atas lukisannya. Beragam karya dihasilkan lewat teknik ini, seperti lukisan kisah poligami, wejangan tetua adat, cerita-cerita arjuna wiwaha, hingga tema kehidupan masyarakat masa kini.

Karya lukis limbah bawang ini juga dihasilkan dalam sekejap. Butuh proses panjang, mulai ide, tema, dan pewarnaan. Medianya tak hanya kanvas, tapi juga patung.

Ketut Samudrawan, pelukis limbah kulit bawang, “Awalnya membuat lukisan dari bawang ini, kita terinspirasi dari pasar, istilahnya. Pasar itu kan ada banyak kupasan sampah, seperti bawah, kayak itu semua kan. Terus yang jadi inspirasi itu kan, karena putih dari kulit bawang putih itu kan, warnanya, yaitu jadi inspirasi. Mungkin ini bisa diolah tuk jadi lukisan lah.”

Lewat karya lukisannya ini, Samudrawan bisa memamerkan karyanya hingga manca negara. Hasilnya, lukisan dari limbah kulit bawang putihnya diminati warga Belanda dan Belgia. Harga lukisannya ia jual seharga 1 juta rupiah hingga 45 juta rupiah. Tergantung ukuran lukisan dan kerumitan pembuatannya.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/02/ketut-samudrawan-pelukis-limbah-kulit.html
Comments
Loading...