Kerajinan Lukisan Pasir Di Tasikmalaya

0 298

Kerajinan Lukisan Pasir Di Tasikmalaya

Lukisan tak melulu harus berasal dari sapuan cat. Kini, pasir pun bisa membentuk sebuah lukisan yang indah. Hanya, pemasaran lukisan pasir masih terbatas pada orang-orang terdekat sang seniman. Meski begitu, prospek lukisan ini sangat baik.

Kini, seni melukis dengan pasir itu bisa dinikmati di Tanah Air. Beberapa seniman pun mulai melirik seni lukis yang antik ini.

Salah satunya, Wawan Munawar. Sejak setahun lalu, Wawan mulai menggeluti seni lukis pasir di Tasikmalaya, Jawa Barat. “Teman saya membuat kaligrafi pasir dan saya mengembangkannya ke realis,” kata Wawan.

Dalam sepekan, Wawan bisa membuat satu lukisan pasir. Harga jual lukisan itu sesuai dengan apresiasi calon pembeli. Lukisan berjudul Tiga Dara misalnya, dilepasnya dengan harga Rp 750.000.

Wawan menjual lukisan termurah dengan ukuran A3 seharga Rp 150.000, sementara lukisan termahal yakni lukisan kaligrafi berharga Rp 2,5 juta.

Pembeli lukisan pasir hasil karya Wawan ini baru berkisar teman-temannya saja, dari Ciamis dan Bali. “Sejauh ini, pesanan paling banyak kaligrafi. Kalau realis saya harus lihat dulu gambarnya,” kata Wawan.

Wawan fokus memakai pasir alami, tanpa sentuhan pewarna sedikit pun. Ia memanfaatkan pasir sungai dan pantai karena butiran pasirnya lebih bulat. Ia mendapatkan pasir dari Tasikmalaya.

Proses Pembuatan Lukisan Pasir

Pasir yang dipakai harus benar-benar kering. Sebelum ditabur, Wawan menyaring pasir terlebih dulu supaya butirannya seragam. Setelah pasir siap, ia pun mulai membuat pola di atas media dengan menggunakan alat tulis waterproof. Alat antiair ini berguna mencegah pola hilang saat dilapisi lem.

Setelah mengolesi lem sesuai dengan pola dan warna yang direncanakan, pasir pun mulai ditaburkan. Pelapisan pasir tak hanya dilakukan sekali. Wawan melakukannya berulang-ulang sampai diperoleh ketebalan yang sama. Pengerjaan satu lukisan pasir berukuran 50 x 50 cm membutuhkan waktu empat hari.

Source Kerajinan Lukisan Pasir Di Tasikmalaya Kerajinan Lukisan Pasir Di Tasikmalaya
Comments
Loading...