Kerajinan Lukisan Piring Keramik Di Malioboro

0 144

Kerajinan Lukisan Piring Keramik Di Malioboro

Karya seni lukisan di atas media keramik dan piring ternyata menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke kawasan Jalan Malioboro. Salah satu pelukis yang secara langsung berkarya dan menjadikan emperan toko di seberang Hotel Mutiara sebagai gallerynya adalah Joko S.

Ditemui KRjogja.com, Joko menceritakan bahwa profesi sebagai seniman jalanan tersebut telah dilakoninya selama 22 tahun. Awalnya, dirinya merupakan seniman lukis kartu ucapan, namun masuknya era pesan elektronik pada periode 2000-an membuatnya bergeser menjadi pelukis keramik.

Namun ternyata lukisannya di atas media yang tak biasa itu mendapatkan apresiasi positif dari wisatawan yang berkunjung ke Malioboro. Bahkan kebanyakan pelanggannya merupakan turis asing yang berasal dari berbagai negara di dunia.

“Biasanya mereka beli untuk dipasang di rumah di negara asal mereka, kebanyakan saya temui adalah turis asal Amerika,” ungkap pria yang juga guru les lukis ini.

Pada libur akhir tahun yang baru saja berakhir ini, dirinya juga mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari usahanya tersebut. “Liburan kemarin rata-rata perhari 6 set bisa laku dalam sehari (1 set 3 buah) dan per buahnya harganya Rp 50 Ribu untuk lukisan pemandangan,” ungkapnya lagi.

Benar saja, ketika KRjogja.com sedang berada di lapaknya, tampak beberapa pembeli datang dan membawa pulang lukisan keramik karyanya. Salah satunya adalah Etty (37) wisatawan asal Palembang, mengatakan bahwa dirinya sangat tertarik dengan lukisan keramik yang dibuat oleh Joko.

“Nanti akan kami pasang di ruang tamu kami dirumah. Selain itu kami menilai lukisan ini sangat kreatif dan jarang ditemui jadi mumpung ada di Yogya ini ya kami beli,” ungkap wanita yang datang bersama suami dan dua anaknya tersebut.

Selain lukisan pemdandangan, Joko juga menerima pesanan lukisan realis dengan gambar close up wajah. “Saya juga sering menerima pesanan lukisan wajah, biasanya untuk kado bagi seorang yang spesial, namun jelas dengan harga berbeda yaitu Rp 150 Ribu,” lanjut Joko sembari tersenyum.

Source http://www.bbk.go.id http://www.bbk.go.id/index.php/berita/view/30/Lukisan-Keramik-dan-Piring-Ternyata-Sangat-Disukai-Wisatawan
Comments
Loading...