Kerajinan Lukisan Sabut Kelapa Di Purwokerto

0 215

Kerajinan Lukisan Sabut Kelapa Di Purwokerto

Berprofesi sebagai pelukis, Agus Sriyanto warga Purwokerto, Jawa Tengah terus berupaya menambah kemampuannya dengan menjajal aneka bahan sebagai media lukisannya. Ia harus melakukan inovasi lantaran penggemar lukisan di daerahnya, yakni Purwokerto, mulai bosan dengan lukisan cat air. Indikatornya, jumlah lukisan cat air karya Agus yang terjual terus berkurang.

Pada tahun 2010, Agus memutuskan mencoba melukis dengan sabut kelapa. Ide ini muncul saat ia mendapati banyak sabut kelapa tak terpakai di sekitar rumahnya di Bandung. Awalnya, Agus hanya mencoba-coba menempel sabut kelapa di lukisannya. Ternyata, gurat-gurat indah yang dihasilkan oleh sabut kelapa itu sangat mempesona. “Selain alami, sabut kelapa juga membuat lukisan hidup dan indah,” ujarnya.

Dari lukisan sabut kelapa ini pula, kini Agus mampu mengantongi omzet hingga Rp 100 juta per bulan. Maklum, dalam seminggu, Agus bisa menjual lima lukisan sabut kelapa. Satu lukisan sabut kelapa ia jual dengan harga Rp 5 juta.

Pembelinya pun bukan hanya kolektor dari Kota Kembang, tapi juga beberapa wilayah lain. “Kami juga membuat untuk memenuhi pesanan ekspor ke Singapura dan Malaysia,” ujar Agus bangga.

Menurut Agus, sejatinya, melukis dengan sabut kelapa sama dengan melukis dengan cat air, cat minyak, atau bahan apa saja. Yang terpenting dalam melukis dengan sabut kelapa ini adalah keuletan.

Kendala melukis dengan sabut kelapa adalah cuaca. Saat musim hujan adalah masa-masa sulit bagi Agus yang saban hari mampu menyelesaikan satu lukisan berukuran 120 cm X 140 cm. Maklum, ia butuh waktu lebih lama untuk menjemur lukisannya.

Meski demikian, teknik melukis dengan sabut kelapa ini telah mendatangkan banyak rezeki bagi Agus. Apalagi, bapak satu anak ini bercerita, biaya melukis menggunakan sabut kelapa lebih murah ketimbang menggunakan cat minyak. Bila harus melukis menggunakan cat minyak, Agus bisa mengeluarkan biaya sampai Rp 1,5 juta untuk satu lukisan. “Kalau dengan sabut kelapa hanya Rp 300.000 untuk satu lukisan,” ujarnya.

Source Kerajinan Lukisan Sabut Kelapa Di Purwokerto peluangusahakontan
Comments
Loading...