Kerajinan Lukisan Serbuk Kayu Di Banjarsari

0 166

Kerajinan Lukisan Serbuk Kayu Di Banjarsari

Melukis dengan media cat dan kanvas mungkin sudah biasa. Tetapi bagaimana jadinya jika lukisan dibuat menggunakan serbuk kayu. Inilah yang dilakukan pelukis asal Solo, Tresno Arti.

Tresno sudah memulai melukis menggunakan serbuk atau gergajen kayu sejak 2006. Awalnya, pria lulusan Deskomvis Universitas Sebelas Maret (UNS) itu melukis menggunakan media cat. Tetapi seiring berjalan waktu, ia pun berekspresimen menggunakan serbuk kayu.

“Kalau menggunakan serbuk kayu itu berbeda saat menggunakan cat. Yang jelas lebih sulit,” terang Tresno kepada JawaPos.com saat pameran produk kayu dan kerajinan kayu olahan di Rumah Kriya Banjarsari, Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Pria 47 tahun itu tidak langsung berhasil saat membuat karya lukisan menggunakan serbuk kayu. Tetapi utuh beberapa lama hingga akhirnya bisa membuat karya yang sempurna. “Kesulitannya saat menempelkan serbuk kayu ke kanvas atau kertas duplek. Selain itu untuk gradasi warna juga butuh ketelitian,” kata Tresno.

Dalam membuat sebuah karya lukis, Tresno tidak sekadar menempelkan serbuk kayu yang sudah disiapkannya. Ada bahan pewarna dan lem yang dicampurkan. Kadang serbuk kayu juga harus disaring terlebih dahulu untuk mendapatkan efek lukisan yang realis.

Untuk membuat satu lukisan, Tresno biasanya membutuhkan waktu hingga dua bulan. Lamanya pengerjaan bergantung pada kerumitan lukisan dan ukurannya. Mengenai harga, Tresno membanderol antara Rp 150 ribu hingga Rp 900 ribu. Harga tergantung ukuran.

Untuk melihat karya-karya Tresno, pencinta seni bisa datang langsung ke Gergajen Solo. Alamatnya di Nayu Timur, Nusukan, Solo. Salah satu pelanggan Tresno adalah Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

Bahkan usai meresmikan Rumah Kriya Banjarsari kemarin, Rudy langsung membeli karya Tresno. Lukisan tersebut bergambar pentolan band Godbless, Ahmad Albar. “Pak wali memang suka membeli lukisan dari saya. Sudah ada tiga lukisan yang dibeli Pak wali,” ungkapnya.

Sementara itu, Rudy mengatakan bahwa lukisan dari serbuk kayu tersebut cukup unik. Soal gambar Ahmad Albar, dirinya memang salah satu pengagumnya. “Lagu-lagunya memberikan semangat positif bagi generasi muda,” ucap Rudy.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/jpg-today/05/05/2018/tresno-sulap-serbuk-kayu-jadi-lukisan
Comments
Loading...