Kerajinan Lukisan Siluet Dari Limbah Di Bandung

0 187

Kerajinan Lukisan Siluet Dari Limbah Di Bandung

Tak perlu waktu lama baginya menyulap barang tak berharga bahkan kerap disebut sampah, menjadi sesuatu yang bernilai komersil. Kemampuannya yang jarang ditemukan inilah menjadikan karyanya ini punya hawa artistik mempesona.

Hanya dengan waktu 2 Jam, Rohimat Hermawan alias Herman, warga Kampung Caringin RT 5/1 Desa Mekarjaya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuat karya ini. Sebuah lukisan seni siluet yang masih jarang dipasaran. Dialah Herman. Pria tua yang mampu membuat karya seni Siluet para tokoh berbahan baku limbah industri. Karya seni siluet ini memang banyak dicari oleh para pecinta seni.
Ayah satu putra dan satu putri  ini berinovasi. Ia menciptakan sebuah karya bernilai ekonomis dengan modal yang minimalis. Sekitar 90 persen karyanya berbahan baku limbah industri.‬ Di rumahnya, Herman tampak sibuk kesehariannya dengan membuat siluet para tokoh terkenal di tanah air. Karya seninya didukung oleh peralatan mesin potong dan kompresor yang dirakitnya sendiri. Terlihat jelas, dia menggunakan barang-barang bekas yang sudah rusak. Lalu dia racik sedemikian rupa. Hasilnya, mesin pompa air, mesin kompresor kulkas hingga tabung gas yang rusak itu bisa menampung udara dari kompresor kulkas.‬
Bahan baku yang digunakan, sambungnya, cukup beragam. Ia memakai kayu dari limbah industri obat dan palet (semacam kayu sisa dari pabrikan). Adapun mesinnya, dia merakit sendiri dari mesin pompa air dan kompresor kulkas bekas. Ia bercerita. Idenya muncul saat ‪terdesak kebutuhan ekonomi untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Herman kelahiran Padalarang ini, terus berusaha keras demi menghidupi keluarganya.
Beberapa tahun silam, ia yang resign dari sebuah perusahaan di Ngamprah kebingungan. Ia harus memenuhi kebutuhan keluarganya. Herman sebenarnya sudah berusaha mencari peluang pekerjaan lain. Namun, diusianya yang sudah tak muda lagi, tentunya menjadi kendala besar Herman untuk bersaing dengan para pencari kerja fresh graduate.
Namun, Herman tak putus asa. Kemajuan teknologi dimanfaatkannya untuk mencari inovasi dalam berusaha. Ia mencari berbagai peluang, ide, motivasi dan inspirasi. Hingga suatu ketika, Herman yang berdarah seni menemukan seni siluet alias lukisan dua dimensi. Ia pun memutuskan untuk berbisnis melalui kerajinan seni siluet tokoh/orang.‬
Semenjak fokus pada usaha karya seni ini, lanjut dia, rezeki mulai datang begitu cepat. Tak tanggung-tanggung, hasil karyanya ini dipesan pecinta siluet dari berbagai kota di Jawa Barat. Dengan penuh syukur, ia mengungkapkan para kliennya. Katanya, kebanyakan pemesanan dari wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Tak heran bila pendapatan yang diraihnya dapat memenuhi kehidupan sehari-hari. “Untuk masalah harga sendiri, produk tersebut dijual kisaran Rp150 ribu hingga Rp500 ribu,” ujarnya.

Source http://www.cakrawalamedia.co.id http://www.cakrawalamedia.co.id/herman-sulap-limbah-industri-jadi-seni-siluet-bernilai-tinggi/
Comments
Loading...