Kerajinan Lukisan Wayang Dari Jarit Di Karanganyar

0 249

Kerajinan Lukisan Wayang Dari Jarit Di Karanganyar

Sadar kalau lukisan wayang punya banyak penggemar, para perajin wayang terus melakukan inovasi. Yang kini muncul adalah menggunakan jarit dan kaca untuk menciptakan tokoh-tokoh pewayangan. “Lukisan identik dengan cat dan kuas. Saya mencoba menggunakan kain jarit yang kerap dipakai sebagai kain gendongan untuk membuat lukisan wayang,” ujar Sony, perajin sekaligus pemilik Toko¬†Lurik Antif di Karanganyar, Jawa Tengah.

Oleh Sony, kain lurik ini digunakan sebagai media untuk membentuk wayang. Motif kain lurik yang antik membuat lukisan watang Sony tampak berbeda dari kebanyakan lukisan bermotif wayang. Lukisan tampak menonjol dengan warna-warna menarik dan antik.

Yang juga menarik, Sony membuat lukisan wayangnya sebagai rangkaian cerita. Wajar bila tokoh-tokoh pewayangan yang dibuatnya lebih dari satu. Selain cerita klasik Rama Shinta, kisah Barata Yudha, Petruk dan Mbok Bakul menjadi objek lukisannya.

Karena menggunakan media kain untuk membuat lukisan, lukisan Sony terbilang sulit. “Si pembuat harus tau teknik melipat dan membentuk wayang,” ujar pria asli Malang ini. Salah melipat kain, sangat mungkin kalau lukisan tidak akan berbentuk wayang.

Makanya, untuk membuat model wayang, Sony harus membuat rangkanya terlebih dahulu. Proses pembuatan bodi dari wayang ini memakan waktu tiga hari sampai satu minggu, tergantung besar ukuran bodi wayang.

Lamanya waktu pembuatan lukisan wayang membuat harga lukisan wayang dari kain jarit menjadi mahal. “Apalagi bila lurik yang dipakai adalah kain lurik lawas,” ujar Sony yang pernah membeli kain jarit seharga Rp 2 juta untuk ukuran 2 meter.

Sony membanderol lukisan wayang jarit dengan ukuran 40 x 60 sebesar Rp 900.000. Sedangkan untuk ukuran 1 m x 1,5 meter harganya bisa mencapai Rp 11 juta. Sebulan, Sony mampu menjual empat hingga 10 lukisan. “Dua hari ikut pameran, saya bisa mengantongi omzet sebesar Rp 15 juta,” kata dia.

Source Kerajinan Lukisan Wayang Dari Jarit Di Karanganyar peluangusahakontan
Comments
Loading...