Kerajinan Mainan Air Brush Di Boyolali

0 235

Kerajinan Mainan Air Brush Di Boyolali

Air brush siapa yang kenal dengan teknik seni ini. Airbrush adalah teknik yang digunakan untuk membuat lukisan dengan alat yang berbeda. Teknik dasar melukis ini mulai dikenal pada tahun 1879 oleh seorang Amerika Serikat bernama Abner Peeler. Seni lukis airbrush ini pada umumnya dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor yang ingin membuat kendaraanya tampil beda dengan pemilik kendaraan lainnya.

Siapa sangka, teknik airbrush ini ternyata digunakan oleh seorang penduduk desa Mojo, Kabupaten Boyolali untuk membuat aksesoris mainan dan sangkar burung berkualitas dunia. Takur, sarjana seni lukis dari ISI Surakarta ini mengembangkan seni airbrush yang umumnya dilakukan oleh pemilik bengkel kendaraan bernotor ke dalam mainan aksesoris dan kandang burungnya. Profesi yang hasilnya tidak kalah buatan luar negeri ini telah ditekuninya selama 3 tahun, dan hasil karyanya telah di ekspor hingga ke Korea dan Amerika Serikat. Omzet yang diperolehnya pun mencapai jutaan rupiah setiap bulannya. “Dalam sehari, apabila penuh pesanan sehari dapat mengecat hingga 50 aksesoris,” ujarnya.

Dalam menjalankan usahanya ini Takur dibantu dengan adiknya dan apabila sedang ramai dengan pesanan, dia memanggil temannya. Dia menjelaskan bahwa kendala yang dialaminya saat ini adalah modal untuk mengembangkan usahanya. “Selama ini saya masih sebagai bagian finishing saja karena untuk bahan dan lainnya sudah disediakan oleh eksportir,”ujarnya. Takur juga menginginkan dapat membuat dari awal aksesoris tersebut tidak hanya mengerjakan bagian finishing dari para eksportir.

Awal mula Takur menjalani usaha pengecatan aksesoris ini dilakukan setelah dia mendapatkan inspirasi dari temannya. “Awalnya saya menjadi jalanan di Solo, selain karena dulu kuliah di ISI juga menjadi sampingan. Tak lama setelah lulus kuliah, teman saya mengajak usaha untuk melakukan pengecatan sangkar burung. Setelah lama mengecat sangkar burung, ada orang yang memesan untuk mengecat aksesoris yang ternyata aksesoris tersebut di ekspor hingga Korea dan Amerika,Takur menjelaskan. Takur menambahkan usaha pengecatan dan finishing aksesoris ini lebih menguntungkan dan memiliki prospek yang lebih bagus dibandingkan dengan usahanya yang lain. “Jika ada orang yang memesan lukisan ataupun mengecatkan sangkat burungnya tetap masih terima namun yang utama usaha pengecatan aksesoris ini,”tutup Takur

Source https://www.jitunews.com https://www.jitunews.com/read/53934/wow-airbrush-mainan-kelas-dunia-ternyata-berasal-dari-sini
Comments
Loading...