Kerajinan Mainan Alat Dapur Dari Tanah Liat Di Jepara

0 312

Kerajinan Mainan Alat Dapur Dari Tanah Liat Di Jepara

Desa Mayong lor kecamatan Mayong sejak dulu dikenal sebagai desa penghasil kerajinan dari tanah liat . Selain genting , bata merah juga berbagai alat dapur seperti tungku , cobek,kendi , kemaron , genthong dan masih banyak lagi yang lainnya. Lainnya lagi adalah mainan anak-anak berupa celengan dan juga miniature alat dapur.

Melihat peluang yang masih terbuka itulah Erik warga RT 06 RW 03 desa Mayong Lor kini berbisnis menjual mainan anak-anak dari tanah liat. Sudah lima tahun ini ia berkeliling ke kota-kota sampai desa untuk memasarkan kerajinan dari desa kelahirannya itu. Di setiap ada keramaian tahunan di berbagai tempat ia pasti mengambil lapak untuk berdagang.

Dibantu dengan adiknya ia berdagang mainan tanah liat diantaranya celengan berbagai macam bentuk. Ada bentuk ikan, buah,  orang, sampai dengan mobil-mobilan. Untuk miniature alat dapur ada tungku, wajan, cobek, muntu, tungku, genthong, kendi dan masih banyak lagi yang lainnya. Mainan dengan warna cat yang meriah membuat anak-anak tertarik untuk membelinya.

“Kalau yang alat dapur ini buatan orang tua saya yang sejak dulu dikenal sebagai pengrajin mainan anak-anak. Sedangkan untuk yang celengan ini kebanyakan buatan saya seperti mobil, teletubis dan wayang bagong ini. Adapun  harganya paling murah ya Rp 1.000,- paling mahal ya sekitar Rp 10 ribuan”, kata Eric

Meski sudah digempur oleh mainan import dari plastic namun Eric mengatakan usaha penjualan mainan anak tradisional dari tanah liat ini masih prospektif. Dia yang dulu pekerja membuat kerajinan monel hasilnya itu itu saja. Namun setelah ia berjualan mainan anak-anak tradisional hasilnya cukup lumayan. Selain modal tidak begitu besar keuntungannyapun bisa separohnya.

Source http://kabarseputarmuria.com http://kabarseputarmuria.com/?p=5832
Comments
Loading...