Kerajinan Mainan Anak Di Jombang

0 342

Kerajinan Mainan Anak Di Jombang

Potensi desa-desa kreatif di Kota Santri. Salah satunya, Desa Gebang Bunder, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Usaha kreatif yang dikunjungi Gus Syaf yaitu usaha pembuatan permainan anak-anak kecil dari bahan dasar kayu Sengon. Gus Syaf menilai karya masyarakat Jombang tidak kalah hebatnya dengan buatan luar negeri seperti Cina. Hanya kurang promosi dan pasarnya kurang luas.

“Alat mainan yang dibuat di Jombang ini cukup bagus dan layak di sanding dengan karya internasional. Jenis mainannya juga banyak, ada juga alat bantu belajar untuk anak taman kanak-kanak,” katanya.

Gus Syaf mengatakan sangat mendukung usaha kreatif yang bernilai perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan. Pemerintah seharusnya mendukung dan membantu pengusaha rumahan seperti ini mempromosikan hasil usahanya ke luar daerah. Promosi tersebut bisa dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jombang .

Dalam kunjungan ini, Gus Syaf berdiskusi dengan para pegawai yang terlihat tidak memakai alat penutup hidup. Padahal lokasi kerjanya banyak debu halus yang rawan masuk ke hidung. Hal ini menjadi perhatian Gus Syaf kedepan untuk keamanan para pekerja. Salah seorang perajinnya adalah Fa’i.

“Kita dukung penuh usaha kreatif kayak gini. Tapi perlu juga kita ingatkan kepada pegawai untuk menjaga kesehatan masing-masing. Tadi saya lihat banyak yang tidak memakai penutup mulut dan hidung padahal pegawai tersebut motong kayu dan menghaluskannya. Debunya banyak sekali, perusahaan sudah menyediakan masker tapi tidak dipakai,” beber Gus Syaf.

Syafi’in berjanji, bila menjadi bupati Jombang lima tahun kedepan maka ia akan membantu memasarkan barang dagangan pengusaha asli Jombang. Diharapkan Jombang menjadi Kabupaten percontohan dalam permasalahan usaha menengah dan kecil di Jatim.

“Bisnis mainan anak-anak ini cukup menjanjikan kedepan, karyawannya juga ada puluhan orang. Terkadang warga sekitar sering membawa sebagian bahan baku kerumah untuk dikerjakan dirumah. Ini baik agar tidak ngobrol kosong saat santai,” tandas Gus Syaf

Source https://faktualnews.co https://faktualnews.co/2018/02/22/gus-syaf-dorong-pengrajin-mainan-anak-anak-jombang-go-internasional/67336/
Comments
Loading...