Kerajinan Mainan Barongan Di Nganjuk

0 428

Kerajinan Mainan Barongan Di Nganjuk

Dalam sehari mas ari mampu membuat kerajinan sekitar 200 sampai 300 berbagai macam ukuran, dan jenis, baik iti jaranan, barongan, maupun bantengan, dengan di bantu karyawan proses awalnya bahan baku dipilah yang baik dan yang sedikit cacat, untuk bahan bakunya mas ari masih membeli dari surabaya dan mojokerto.

Proses awal untuk barongan, kayu dipilih yang kuat tapi ringan, dengan kualitas yang baik, setelah itu di beri spons untuk bentuk wajah barongan dan di lanjutkan pengecatan untuk memberi warna yang menarik bagi konsumen, dan menambah nilai plus untuk kerajinan nya.

Sedangkan untuk jaranannya bilah bambu dianyam dan di berikan rangka yang berbentuk menyerupai kuda asli, setah itu lanjut ke proses pengecatan, dan digambar seperti kuda, untuk pengeringan cat nya mas ari masih mengandalkan bantuan panas dari matahari, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama.

Untuk kendala yang di hadapi mas ari yaitu cuaca yang tidak menentu, karena proses pengeringan cat masih tradisional, dan untuk pesanan masih tergantung dengan musim. Biasanya pada bulan agustus dan bulan-bulan suro, banyak pesanan yang masuk, kadang juga malah sepi pesanan dan terpaksan menurunkan harga untuk menarik para konsumen.

Untuk harga jaranan berukuran kecil mas ari menjualnya dengan harga Rp. 6000, sedangakn yang tanggung Rp 8000 dan yang besar Rp 12000. Untuk barongan yang berukuran kecil Rp 6000, yang tanggung berharga Rp 10000 dan yang besar, Rp 20000. Sedangkan bantengan untuk ukuran kecil Rp 18000, yang tanggung Rp 25000, dan yang besar Rp 50000.

Kerajinan yang dibuat mas ari sudah merambah ke kota-kota besar seperti surabaya, mojokerto, ponorogo, dan kalimantan timur, untuk wilayah kalimantan timur mas ari mengirimnya menggunakan jasa expedisi. Untuk pengiriman wilayah kediri nganjuk dan sekitarnya mas ari mengirimnya sendiri dengan mobil pick up nya sendiri.

Source https://idebisnisterkini.com https://idebisnisterkini.com/pengrajin-mainan-barongan-dan-jaranan-nganjuk/
Comments
Loading...