Kerajinan Mainan Edukatif Dari Limbah Mebel Di Pekalongan

0 192

Kerajinan Mainan Edukatif Dari Limbah Mebel Di Pekalongan

Orang kreatif bisa memanfaatkan benda yang dianggap tak berguna. Bahkan limbah pun bisa disulap jadi produk bernilai tinggi. Sebut saja Aji Putranto yang mampu menyulap limbah mebel menjadi produk mainan edukatif berupa puzzle.

Iya, berkat kerajinan tangannya, limbah-limbah mebel di Kelurahan Sentono, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan disulap jadi produk edukatif dengan omset puluhan juta rupiah. Aji menyulap limbah mebel menjadi kerajinan mainan edukatif berupa puzzle.

Karya lelaki 46 tahun tersebut sampe ke berbagai daerah termasuk Cirebon, Semarang dan beberapa daerah lainya. Diktakan Aji, tingginya kebutuhan terhadap mainan edukatif membuatnya memutar otak untuk melihat peluang bisnis tersebut.

“Awalnya saya berpikir, limbah mebel yang ada di daerah saya bisa dimanfaatkan, dan saya mengolahnya menjadi mainan bongkar pasang yaitu puzzle ini,” ujarnya. Sejak 2010 Aji menggeluti bisnis tersebut. Harga puzzle buatan Aji bervariatif.

“Yang paling kecil saya bandrol Rp 2.500, untuk ukuran sedang Rp 5 ribu, dan yang paling besar Rp 10 ribu,” terangnya. Setiap bulannya Aji mampu memproduksi 200 hingga 250 puzzle.

“Saya dibantu 3 karyawan untuk memotong bahan baku, menempel gambar, mengamplas hingga packing untuk dipasarkan,” imbuhnya. Selain menerima pesanan dari para pelanggan, ia juga menyuplai ke tempat grosir mainan di kota Pekalongan.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2017/11/27/sosok-kreatif-aji-menyulap-limbah-mebel-jadi-mainan-puzzle-edukatif-video
Comments
Loading...