Kerajinan Mainan Jadul Di Jombang

0 352

Kerajinan Mainan Jadul Di Jombang

Siapa sangka produk mainan anak tempo dulu bisa menjadi sebuah bisnis yang menarik. Bahkan seorang ibu rumah tangga mampu mengeruk omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan dari produk jadul tersebut. Adalah Misny seorang pemilik merek bisnis Hanny’s Craft yang memproduksi mainan anak tempo dulu seperti alat musik tradisional, seperti alat bunyi-bunyian suara burung, suling, jimbe, marakas dan masih banyak lagi. Produk-produk tersebut dibuatnya menggunakan bahan baku kayu mahoni.

“Dari dulu sampai sekarang itu semua dikerjakan di rumah, kami home industri. Di Jombang tepatnya,” ujarnya.

Misny mengaku, awal mula mendirikan bisnisnya hanya bermodalkan uang Rp1 juta. Tepat 2002 dirinya memberanikan diri memulai produksi dengan memberdayakan tetangga-tetangga di kampungnya di Jombang.

Kini setelah 13 tahun berjalan, Misny mampu meraup omzet stabil sekira Rp20 hingga Rp30 juta per bulan, dengan profit bersih Rp10 hingga Rp15 juta per bulannya.

Setelah diproduksi, mainan-mainan tersebut dijualnya di pusat keramaian di kota Surabaya dan Jakarta. Misny mengaku sengaja pemilihan masyarakat kota sebagai pangsa pasar karena merupakan sebuah strategi marketingnya.

“Dulu awalnya saya segmen kita kota-kota besar. Soalnya meraka suka mainan aneh-aneh. Kalau orang kampung kan sudah biasa,” imbuhnya.

Benar saja, strateginya pun berhasil. Kini Misny sudah memasarkan produknya di tiga kota berbeda lainnya, yakni Bandung, Makassar dan Balikpapan. Seluruh tokonya berada di pusat keramaian, seperti mal dan tempat wisata.

“Selain itu, ada juga pelanggan dari artshop yang ambil ke saya. Kaya Sate Maranggih kan dia punya artshop sendiri, nah dia ambil dari kita,” tambahnya.

Source https://economy.okezone.com https://economy.okezone.com/read/2015/04/10/320/1132026/jual-mainan-jadul-modal-rp1-juta-omzet-rp30-juta
Comments
Loading...