Kerajinan Mainan Kardus Di Depok

0 168

Kerajinan Mainan Kardus Di Depok

Benar adanya kutipan populer ilmuan Albert Einstein: “Imajinasi lebih berharga dari sekadar ilmu pasti”. Imajinasi plus kreativitas seringkali jadi inspirasi untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Tak terkecuali dalam merintis sebuah usaha.

Saat ini, marak usaha yang memanfaatkan bahan bekas seperti kardus menjadi produk yang punya nilai jual tinggi. Tentu, butuh imajinasi dan kreativitas dalam membuat produk berbahan kardus itu.

Salah satu pemain di bisnis ini adalah Uchy Widya asal Sawangan, Depok. Mulai menekuni usaha kreasi bahan kardus sejak 2015 lalu, kini ia sudah mampu memproduksi aneka ragam mainan anak yang memiliki nilai jual.

Dia mempromosikan sekaligus menawarkan produknya lewat Instagram @tutorialmainankardus. Mainan anak yang Uchy bikin dari kardus mulai kitchen set, mesin cuci, kamera, hingga rumah boneka. Yang paling murah harganya  Rp 50.000 sampai yang paling mahal Rp 1 jutaan.

Dalam sebulan, dia bisa menjual 100 mainan. “Permintaan paling banyak untuk kicthen set dan kamera,” katanya.

Keahliannya dalam membuat mainan kardus lantas ia tuangkan dalam sebuah buku berjudul Tutorial Mainan Kardus yang sudah terjual 6.000 eksemplar. Tak heran, Uchy rajin menjadi pembicara berbagai workshop. Tiap bulan bisa dua–tiga kali jadi pembicara.

Kehadiran di acara itu juga dia manfaatkan untuk menawarkan mainan kardus buatannya. Dalam setiap lokakarya, dia bisa menjual hingga 25 mainan.

Terakhir, Uchy dapat undangan dari Kantor Bank Indonesia (BI) Bandung untuk mengisi workshop. BI juga memintanya mengisi perpustakaan mereka dengan aneka mainan kardus seperti ATM.

Source https://peluangusaha.kontan.co.id https://peluangusaha.kontan.co.id/news/kreatif-menciptakan-laba-mainan-kardus
Comments
Loading...