Kerajinan Mainan Kayu Dari Rengasdengklok

0 359

Kerajinan Mainan Kayu Dari Rengasdengklok

Gempuran barang-barang elektronika dari luar, terutama produk dari Cina yang sangat murah dan kadang hanya bisa sekali pakai. Membuat usaha servis elektronika yang di rintis oleh bapak Suhendar berhenti total. Suhendar, adalah seorang pengrajin mobil-mobilan dari kayu yang berada di Cikangkung Barat Rt 009/ Rw 002, Desa Rengasdengklok Utara – Rengasdengklok – Karawang.

Beralih profesi dari usaha servis menjadi pengrajin mobil-mobilan kayu. Orang berpikir lebih baik beli baru daripada harus di servis, karena harga servis bisa lebih mahal dari harga beli barang baru dari Cina. Karena itulah pak Suhendar menutup usaha servisnya dan harus mencari usaha lain untuk menggantikannya. Dan jatuh hatilah menjadi pengrajin mainan dari kayu yangg sudah di tekuninya dari 7 tahun yang lalu, ada mobil-mobilan kayu dari yang kecil sampai yang terbesar (bisa muat anak ) ada juga traktor.

“Sekarang ini saya bisa membuat mobil-mobilan yang kecil baik truk maupun bis biasanya saya menjualnya 50ribuan dan yang besar yang muat bawa anak umur 7 tahun harganya bisa mencapai 600ribuan atau 700ribuan jadi tergantung besar-kecilnya. Ada juga mainan berupa traktor.” ungkapnya.

Untuk kendala Selain modal tentu saja pekerjanya. Banyak orang yang mau kerja tetapi kadang mereka tidak bisa tekun. Paling sehari kerja, besoknya sudah menyerah, bilangnya tidak kuat. Padahal saat ini perlengkapannya sudah sebagian pake mesin, misalnya mesin untuk memotong bahan dan lainnya. Tapi tetap aja tidak ada yang kuat lama.

Untuk pemasaran di sini saja dan kios yang dipinggir jalan. Kadang kalau barang sudah ada, nanti ada yang ambil langsung ke bengkel ini. Harganya karena untuk di jual lagi, saya kasih harga lebih murah. Barang yang saya jual ini kan bukan barang kodian jadi harganya agak mahal sedikit dari yang lain karena memang kualitasnya bagus.”

Source http://ukmkarawang.com http://ukmkarawang.com/ukm/index.php/artikel/29/pengrajin_mobil-mobilan_kayu_dari_rengasdengklok
Comments
Loading...