Kerajinan Mainan Kayu Di Karawang

0 386

Sentra Kerajinan Mainan Kayu

Kerajinan mainan kayu berasal dari karawang ini sudah menjadi produksi turun temurun hingga si empunya toko adalah Bapak Umar tak lain pewaris terakhir yang memberanikan diri bertahan dan berkreasi selama 30 tahun dari setengah usianya untuk tetap terus melestarikan kerajinan miniatur mainan kayu ini. Dan siap bersaing dengan beragam bentuk mainan hasil mesin buatan pabrik. Tak sia-sia memang waktu yang cukup lama digelutinya ternyata membuahkan hasil tak terduga.

Miniatur mainan ini dilirik tidak saja oleh konsumen lokal, namun di belahan negara Eropa salah satunya adalah Belanda. miniatur mainan ini dikemas sedemikian rupa layaknya cendera mata, sebagai bentuk penghargaan bagi kalangan expatriat dan kaum muda yang berprestasi dalam bidangnya. Dengan harga yang relatif terjangkau dari bentuk yang kecil, sedang, hingga yang paling besar antaranya berkisar Rp 60.000-250.000,- berikut ayunan kuda – kudaan dengan karakter khas bogor dan karakter khas bandung, dengan kisaran harga yang relatif rata rata sama.

Murah dan kuat secara fisik. Ironisnya peluang bisnis ini tak juga membuka mata para pembuat kebijakan ataupun investor lokal untuk mengembangkannya menjadi salah satu kerajinan tangan warisan budaya lokal. Tidak saja hanya sekedar membuat miniatur bis kota ataupun ayunan kuda namun bisa juga di aplikasikan menjadi barang fungsional alternatif seperti kap lampu, tempat tidur bayi, ataupun bilik bilik kayu seperti yang ada dinegara jepang berbahan selain rotan dan bambu.

Source Kerajinan Mainan Kayu Di Karawang Kerajinan Mainan Kayu Di Karawang
Comments
Loading...