Kerajinan Mainan Tradisional Di Palembang

0 110

Kerajinan Mainan Tradisional Di Palembang

Indonesia bukan hanya beragam soal budaya, bahasa dan suku namun juga akan kaya akan permainan tradisional. Setiap wilayah di Indonesia memiliki jenis permainan tradisional sendiri seperti cak ingkling, congkak, gasing.

Permainan tradisional ini selain mudah didapat harga yang ditawarkan juga sangat murah seperti permainan Lele tali dnegan uang Rp 10 ribu saja, anak – anak sudah bisa sepuas hati memainkan permainan unik ini. Inilah yang menjadi usaha dari Soni Wahyudi, warga Ilir Barat 1 yang ingin terus melestarikan permainan tradisional Indonesia ini.

“Pada awalnya saya berjualan permainan tradisional ini pada tahun 2004 dan mengelilingi berbagai wilayah di Indonesia seperti Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, dan Jawa dan kembali lagi ke Palembang.” ujar Soni

Permainan tradisional ini selain menghibur juga memiliki tingkat ekonomi yang tinggi modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Permainan lele tali ini contohnya modal per mainan Rp 5.000 yang kami datangkan langsung dari Jawa Timur dan kami jual dengan harga Rp 10 ribu,” ungkap Soni

Menurut Soni, pangsa pasar sudah jelas anak – anak maka kreatifitas dalam memasarkan dan produk yang dihasilkan juga harus bisa membuat tertarik maka dari itu saya selalu berjualan selain keliling dari gang ke gang, pasar ke pasar, sekolah juga selalu berjualan kalau ada even– even.

Seperti ada lomba, kalau jualan keliling mainan tali lele ini bisa terjual mulai dari 20 hingga 25 mainan namun kalau ada even anak – anak pasti meningkat dalam sehari bisa menjual 50 hingga 60 mainan ini jadi omzet yang dihasilkan bisa mencapai Rp 1,5 jutaan per minggu.

Selain melestarikan budaya bangsa, ini bisa menjadi pekerjan yang menghasilkan keuntungan yang besar maka dari itu indutri kerajinan permainan tradisional harus dimajukan karma bangsa kita tidak kalah kreatifitas dalam membuata permainan tinggal bantuan dari pemerintah mau atau tidak mengembangkan industri ini.

Source http://www.radar-palembang.com http://www.radar-palembang.com/pengrajin-mainan-tradisional-tetap-bertahan/
Comments
Loading...