Kerajinan Mainan Truk dari Limbah Triplek Di Magelang

0 551

Kerajinan Mainan Truk dari Limbah Triplek Di Magelang

Mobil-mobilan jenis truk itu dibuat antara lain dari limbah pabrik. Keuntungan yang didapat, bisa Rp12 juta sebulan. Mobil-mobilan itu antara lain dibuat para perajin di Lingkungan Sampangan RT 01 RW 03, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Awalnya, mobil-mobilan tersebut hanya dijual di Taman Kiai Langgeng, tak jauh dari kampung tersebut.

Salah satu perajin, Sutrisno, mengatakan, dahulu hanya membuat jaran goyang, kemudian mencoba membuat mobil-mobilan. Ternyata, mobil-mobilan itu laku. Di kampungnya meliputi Sampangan dan Ngaglik ada sekitar 20 perajin mainan.

“Saya termasuk orang pertama membuat mainan ini. Sampai sekarang sudah 20 tahun, kemudian orang lain pada jiplak, terus berkembang hingga sekarang. Saya buat model mainan truk hingga enam jenis,” ujar Sutrisno.


Menurutnya, untuk membuat satu mobil-mobilan jenis truk membutuhkan waktu beberapa hari jika dikerjakan sendiri. Untuk membuat model terbaru truk yang ada, dia hanya melihat wujud aslinya, kemudian mereka-reka membuat tiruan mobil-mobilan.
“Yang paling lama ngamplas dan ngecat. Kalau sudah jadi bentuknya tingga menggabungkan saja antara body dengan kabinnya. Dulu saya jual di Taman Kiai Langgeng, terus dapat pesanan 10, terus berkembang hingga saat ini,” tutur bapak dua putra itu.

Mobil-mobilan hasil karyanya dipasarkan di daerah Payaman, Kabupaten Magelang, Salatiga, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, hingga Batam. Ia mengaku setiap sebulan sekali mobil-mobilan tersebut diambil para pedagang. “Untuk yang jenis besar saya jual Rp125.000 dan yang kecil Rp50.000 kepada pedagang,” ujarnya.

Dia mengakui, bahan yang digunakan meliputi tripleks dan kayu albasia, merupakan limbah dari pabrik dan perusahaan salah satu karoseri mobil. Mobil-mobilan yang dihasilkannya, kata Sentosa, berukuran 50 cm, 40 cm, 35 cm, dan 26 cm. Setiap dua minggu sekali sebanyak 216 jenis mobil-mobilan model truk diambil pedagang. Untuk mobilan-mobilan jenis truk ukuran 50 cm dijual Rp 52.000, 40 cm dijual Rp42.000, 35 cm dijual Rp28.000, dan ukuran 26 cm dijual Rp 23.000.

Source https://daerah.sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/1077660/22/manfaatkan-limbah-pabrik-sebulan-raup-rp12-juta-1452951530
Comments
Loading...