Kerajinan Mainan Wayang Di Karanganyar

0 200

Kerajinan Mainan Wayang Di Karanganyar

Limbah kayu yang biasanya dibuang, bisa disulap menjadi barang yang memiliki nilai edukasi. Hal inilah yang dilakukan seorang perajin di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sisa potongan kayu olahan, disulap menjadi mainan anyam wayang. Selain bentuknya yang unik, mainan itu bisa digunakan sebagai sarana mengenalkan wayang kepada anak-anak.

Perajin yang sedang menggeluti usaha maninan edukatif tersebut adalah Herumanto Moektijono. Berawal dari kecintaannya terhadap anak-anak, Heru berkreasi dengan menciptakan mainan anyam wayang.

Mainan ini dibuat dari kayu lapis yang dibentuk sesuai karakter tokoh pewayangan. Berbagai model wayang seperti Arjuna, Srikandi, dan Gunungan, telah diciptakan di bengkel miliknya di kawasan Colomadu.

Untuk membuat anyam wayang, kayu lapis digambar pola terlebih dahulu. Kemudian dipotong sesuai pola dan diberi lubang untuk memasang anyaman tali. Agar terlihat menarik, wayang kayu tersebut diberi warna.

Heru sengaja memilih warna-warna cerah untuk menarik minat anak-anak. Lantas dengan hati-hati, wayang tersebut digambari bagian wajahnya sesuai dengan karakter wayang kulit. Dengan menggunakan tali warna-warni, mainan edukatif ini pun siap dimainkan.

Cara memainkannya pun sangat sederhana, namun anak dilatih menggunakan imajinasi dan kreatifitasnya. Tali warna-warni dianyam dan disesuaikan pada karakter wayang. Jika selama ini anak-anak kesulitan mengenal wayang, dengan mainan ini diharapkan mereka akan tertarik untuk mempelajarinya. Heru memilih wayang sebagai mainan edukatif, karena wayang telah diakui dunia dan menjadi warisan budaya dari Indonesia.

Mainan edukatif karya Heru telah digunakan di berbagai sekolah, khususnya di taman anak-kanak dan kelompok bermain. Mainan ini sangat digemari, karena memudahkan para guru dan orangtua, untuk mengenalkan budaya warisan leluhur kepada anak-anaknya.

Harganya pun cukup terjangkau, hanya berkisar Rp60 ribu hingga Rp80 ribu per wayang Dalam sehari, Heru mampu memproduksi lebih dari seratus mainan anyam wayang.

Source https://news.okezone.com https://news.okezone.com/read/2012/12/11/514/730448/limbah-kayu-disulap-jadi-mainan-edukatif-anyaman-wayang
Comments
Loading...