Kerajinan Mandau Khas Suku Dayak Di Kalimantan

0 479

Kerajinan Mandau Khas Suku Dayak Di Kalimantan

Julius Pandan sudah dikenal sebagai pandai besi di kalangan suku dayak di daerah Mantarang, Kalimantan. Mandau jenis falazap, salah satu senjata tradisional suku Dayak di Kalimantan.

Proses penepaan dan pengukuran falazap itu rumit dan membutuhkan waktu lama. Menurut Julius Pandan, dalam sebulan ia hanya bisa menyelesaikan 2 buah falazap dan kebanyakan untuk dikirim ke negeri tetangga, Malaysia. Pembuatan Falazap tidaklah mudah. Memerlukan keahlian tersendiri. Itulah mengapa pembuat falazap jarang ditemukan.

Nah sekarang, kita memerlukan proses pengukuran nih atau membuat baja menjadi keras. Kita salah dalam proses pencelupan ini, maka mandau menjadi tempok. Tidak hanya bagian dalamnya saja yang istimewa, di bagian luar falazap juga banyak terdapat ornamen dengan ukuran khas dayak. Jika dulu Falazap digunakan untuk berperang, kini masyarakat dayak menggunakan untuk keperluan sehari-hari dan menjadi barang wajib yang harus dibawa ketika pesta rakyat datang.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/08/julius-pandan-pengrajin-mandau-asal.html
Comments
Loading...