Kerajinan Mantel Sepatu Di Sidoarjo

0 116

Kerajinan Mantel Sepatu Di Sidoarjo

Musim hujan sering menjadi permasalahan tersendiri bagi pengendara motor. Apalagi saat hujan turun dengan deras. Selain mempersiapkan jas hujan pelindung tubuh, pengendara motor juga bisa mempersiapkan mantel sepatu yang berfungsi khusus untuk melindungi sepatu dari terjangan air saat melintas di jalan raya.

Bagi sejumlah pengendara motor, mantel sepatu mungkin masih awam. Namun jika kita melihat ke toko perlengkapan hujan, keberadaan mentel khusus sepatu mungkin sudah tidak asing lagi. Karena itu keberadaan produk inovatif ini sekarang banyak dicari orang.

Muhamad Afif, seorang pengrajin mantel sepatu di Sidoarjo mengatakan, permintaan jas hujan sepatu selama musim penghujan seperti sekarang meningkat hingga 70 persen dibanding hari biasanya.

Diakuinya, proses pembuatan mantel itu sendiri memang tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama. Dalam sehari pengrajin di Tropodo, Kecamatan Waru ini bisa memproduksi sekitar 300 pasang mantel sepatu. Proses pembuatannya pun masih menggunakan tenaga manual dan sederhana. Dimulai dari memotong kain jenis parasite, menyablon, menjahit dan pengepakan.

Untuk semua kegiatan itu, Afif memperkerjakan 15 orang, 13 diantaranya adalah ibu-ibu rumah tangga pengangguran yang dibantu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Meningkatnya permintaan mantel khusus sepatu saat musim hujan seperti sekarang memang cukup beralasan. Dengan menggunakan pelindung ini para pengendara motor, khususnya bagi karyawan atau pegawai kantoran tidak perlu lagi melepas sepatunya saat hujan.

Sementara itu, ide Afif membuat jas hujan sepatu tersebut muncul saat dirinya kehujanan menuju ke kampus sambil berkendara motor. Pemuda lulusan sekolah tinggi ekonomi di Surabaya itu juga merasa rikuh jika melihat pengendara motor yang selalu melepas sepatu saat hujan turun.

Ke-tidak efisienan itu membuka ide kreatifitasnya untuk membuat produk inovatif tersebut.

Meski diproduksi di wilayah terpencil bagian utara Sidoarjo, namun hasil produksinya kini sudah dikenal di berbagai pelosok tanah air, bahkan Malaysia.

Sukses menggunakan peluang bisnis saat musim hujan ini, Afif berharap agar langkahnya itu bisa diikuti para pemuda di tanah air untuk dapat menggunakan ide kreatifnya menjadi sesuatu yang berharga dan menghasilkan uang.

Source http://forum.detik.com http://forum.detik.com/musim-penghujan-barkah-para-perajin-mantel-sepatu-t597111.html
Comments
Loading...