Kerajinan Mebel Kayu Di Konawe

0 295

Kerajinan Mebel Kayu Di Konawe

Gusti Nyoman Budiarta warga Kelurahan Sedang Mulya Sari, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe adalah salah satu pemilik usaha mebel yang sudah cukup dikenal di wilayah Unaaha dan Kendari.

Ia memulai usahanya sudah sekitar 18 tahun. Ditempatnya tersebut Gusti Nyoman Budiarta menawarkan pembuatan pintu, jendela, kursi dan perabot rumah tangga yang lainnya.

“Tahun 2000 saya memulai usaha mebel ini, saya menawarkan pembuatan pintu atau jendela ke rumah yang saya lihat ada pemiliknya,” ujarnya ditemui di tempat usaha mebel miliknya.

Ia menuturkan, usaha mebelnya mulai dikenal saat ia mendapatkan tawaran pembuatan jendela di salah satu hotel di wilayah Unaaha. “Selama beberapa hari saya keliling mencari pelanggan namun tidak ada juga, selang berapa lama saya mendapat tawaran dari seseorang yang sering mendampingi bupati untuk membuat jendela di Hotel Haris Sandi yang berada di wilayah Unaaha, serta di rumah Bupati Konawe, Lukman Abunawas saat itu,” jelas Gusti Nyoman Budiarta.

Setelah selesai membuat jendela di hotel serta di rumah bupati lanjutnya, sejak saat ini beberapa pemesan mulai menghubungi dirinya dengan memesan lemari dan kursi.

Gusti Nyoman Budiarta mengaku, dalam mengembangkan usahanya ia mendapat kendala terutama saat pengeringan bahan baku yaitu kayu yang menjadi bahan utama pembuatan lemari serta serta hasil kerajinan lainnya.

“Cuaca menjadi hambatan utama karena pengeringan kayu yang basah membutuhkan panas, selain pengeringan kayu, pengeringan cat pada produk yang selesai dicat juga membutuhkan panas matahari,” tukasnya.

Untuk saat ini, usaha mebel milik Gusti Nyoman Budiarta mempekerjakan sembilan orang karyawan yang memiliki tugas masing-masing. Ia katakan, karyawan tersebut ada yang ditugaskan memotong, mengamplas, mengecat serta membuat cat dasar pada kayu.

“Dalam 1 kubik kayu jati yang digunakan mampu menghasilkan 5 lemari dengan model yang berbeda seperti, lemari dua pintu serta tiga pintu,” imbuhnya.

Saat ini produk buatan miliknya tidak hanya dipasarkan di Unaaha, tetapi beberapa pembeli lainnya datang dari Kota Kendari. Demikian Gusti Nyoman Budiarta mengakhiri.

Source https://www.wartasultra.id https://www.wartasultra.id/2018/07/31/gusti-nyoman-budiarta-pengusaha-mebel-dari-kabupaten-konawe/
Comments
Loading...