Kerajinan Mebel Kayu Karya Lapas Di Kendal

0 127

Kerajinan Mebel Kayu Karya Lapas Di Kendal

Ingin warga binaannya lebih produktif, Lapas Klas II A Kendal buat bengkel kegiatan kerja mebel. Fauzan warga binaan Lapas Klas II Kendal, tangannya begitu terampil menyulap bongkahan-bongkahan kayu menjadi sebuah kursi dan meja. Ia tak sendirian. Dalam pengerjaan mebel itu ia ditemani oleh 8 warga binaan lainnya.

Ia yang sudah ahli dalam pengerjaan mebel Iangsung ditunjuk oleh pihak Lapas menjadi instruktur untuk para temannya yang ikut dalam bengkel tersebut.

“Saya sebelum masuk lapas saya memang berkerja menjadi tukang kayu dan mebel di sini saya pun ditunjuk untuk mengajarkan teman-teman yang lain,” paparnya.

Ia menambahkan untuk membuat sebuah rak sudut setinggi dua meter hanya membutuhkan waktu dua hari. “Yang lama proses pengeringannya. Sampai satu bulan,” paparnya.

Saat ini ia telah mendapatkan 22 pesanan pekerjaan. Ia menjelaskan pesanan tersebut berasal dari pegawai lapas, pegawai Pemkab serta masyarakat.

“Saat ini kami tengah fokus pengerjaan produk untuk dipamerkan pada pameran hasil produk seluruh lapas se-Indonesia di Banjarnegara, 28 Agustus besok,” tuturnya. Kepala seksi Kegiatan Kerja, Suranto menuturkan kegiatan ini telah berlangsung sejak dua bulan yang lalu.

“Meski pekerjaan ini dilakukan di luar lapas, kami tetap memberikan pengawasan kepada penghuni lapas itu,” paparnya

Hasil keuntungan dari penjualan akan dibagi secara adil antara pihak Lapas dengan warga binaan yang membuat mebel yang sebelumya dipotong biaya pembelian kayu.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2017/08/14/keren-warga-binaan-di-lapas-kendal-bikin-ragam-mebel-perabot-rumah-tangga
Comments
Loading...