Kerajinan Melukis Di Atas Daun Karya Siswa SMP Di Malang

0 112
Kerajinan Melukis Di Atas Daun Karya Siswa SMP Di Malang

Berada di pinggiran kota membawa keuntungan bagi SMPN 15 Malang. Sekolah ini memiliki beragam bahan dari alam yang bisa dipakai untuk media belajar keatif. Siang kemarin suasana salah satu kelas di SMPN 15 Malang terasa senyap. Masing-masing siswa terlihat serius di mejanya masing-masing. Uniknya, mereka tidak sedang membaca buku atau menulis sesuatu, tapi sedang memegang daun. Ya, siswa sedang melukis dengan media daun yang didapatkan dari halaman sekolah.

“Memiliki banyak pohon ketapang dan pohon karet kebo di lingkungan sekolah ternyata bisa sangat bermanfaat. Apalagi saat musim gugur kita bisa memanfaatkannya sebagai pengganti media kanvas untuk melukis,” terang guru mapel Seni Budaya, Dra. Dyah Kaltar Awati.

Perempuan yang telah mengabdi sebagai tenaga pengajar selama 20 tahun ini mengutarakan, mahalnya berbagai bahan keterampilan membuat ia selalu memandang benda di sekitarnya untuk dimanfaatkan. Apalagi sebagai sekolah adiwiyata yang harus menjaga kebersihan lingkungan dari sampah dan meminimalisir limbah organik maupun anorganik.

“Dari situlah muncul banyak ide. Untuk limbah organik, kita bisa manfaatkan daun ketapang dan daun karet kebo sebagai media lukis yang diterapkan oleh oleh semua siswa. Hasilnya, selain bermanfaat juga akan menjadi kebanggan bagi siswa untuk memotivasi diri bahwa mereka bisa,” terangnya.

Kreatifitas seni lukis dengan media daun yang telah diajarkan sudah dua tahun ini, dalam prosesnya ia juga mengajarkan berbagai teknik. Seperti teknik melukis langsung di atas daun dan teknik cutting atau siluet dengan mencari gambar dasar untuk kemudian ditempelkan di kertas yang berwarna kontras. Sehingga hasilnya bisa dipajang di dinding sekolah dan menambah keindahan ruang belajar.

“Tak hanya itu, hasil karya siswa juga dipamerkan ketika ada even sekolah. Seperti kunjungan tamu dari sekolah lain hingga saat orangtua pengambilan rapor. Dengan begitu, wali murid juga akan merasa bangga dengan karya-karya anaknya di bidang non akademik ini,” bebernya.

Source https://www.malang-post.com https://www.malang-post.com/pendidikan/manfaatkan-tanaman-di-sekolah-ajari-siswa-melukis-di-atas-daun
Comments
Loading...