Kerajinan Membatik Dengan Sayuran Di Surabaya

0 143

Kerajinan Membatik Dengan Sayuran Di Surabaya

Membatik di atas kain tidak selalu menggunakan canting. Dedaunan seperti sayuran juga bisa dipakai motif batik yang mampu menghasilkan warna alami. Hasilnya, tak kalah cantik dengan batik tulis.

Ini yang dilakukan puluhan warga Gading Surabaya. Mereka tekun membatik di atas kain pashmina warna putih polos, menggunakan daun kenikir, singkong, cabai.

Instruktur EPI, Nanik, mengatakan, semua daun yang sifatnya basah dan tidak keras bisa dipakai untuk motif. “Kalau daun jambu ngga bisa karena keras,” kata Nanik, instruktur Komunitas UKM Excellent Preneur Indonesia (EPI) bersama Alfamart.

Tekniknya, jelas Nanik, sederhana. Cukup membentangkan koran sebagai alas lalu susun daunnya di atas koran dan letakkan kain polos di atasnya. “Pukul-pukul bagian yang tembus daunnya menggunakan ulekan kayu atau ulekan cobek,” jelasnya.

Setelah warna hijau daun tembus kain, gantian bergilir di daun berikutnya sampai kain penuh motif. “Penataan daun sesuai selera,” katanya.

Saat finishing, agar warna tidak luntur oleh air saat dicuci, setelah pemotifan menggunakan warna alami daun selesai, kain dibilas pakai air yang sudah diberi bubuk tawas.

“Tidak perlu direndam, tidak perlu air panas. Pakai air biasa, cukup dibilas beberapa kali lalu dikeringkan tapi jangan langsung dijemur di bawah terik matahari,” imbuhnya.

Sementara Rizky, salah satu peserta pelatihan, antusias mengikuti pelatihan. Sebab, bisa dipakai bekal untuk membuka usaha. “Semoga kegiatan seperti ini sering diadakan agar ilmu yang kami dapat juga beragam,” yakinnya.

Corporate Communication Alfamart Ame Dwi Pramesti mengatakan, kegiatan ini rutin diadakan di tingkat kelurahan secara nasional sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan.

“Perusahaan ingin membantu menciptakan bibit para wirausaha terutama dari kalangan ibu-ibu rumah tangga. Perusahaan ingin mendorong ibu-ibu rumah tangga agar mandiri secara finansial,” ujarnya.

Hal ini seperti arahan Jusuf Kalla bahwa para wirausaha di Indonesia membantu memperkuat perekonomian di tengah krisis. Namun saat ini jumlahnya masih tergolong kecil meski terus tumbuh. Perlu peran aktif dari seluruh stakeholder, termasuk sektor swasta.

Source ttps://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4121715/puluhan-ibu-ibu-di-surabaya-belajar-membatik-berbahan-sayuran
Comments
Loading...