Kerajinan Membatik Di Kertas Karya Anak TK Di Kendal

0 137

Kerajinan Membatik Di Kertas Karya Anak TK Di Kendal

Seratusan siswa TK dan PAUD Al Hikmah Kaliwungu Selatan Kendal Jawa Tengah, membatik bersama di atas kertas. Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memperingati hari batik nasional dan mengenalkan batik pada anak-anak. Kepala TK Al Hikmah Kaliwungu Selatan, Siti Ruqojah mengatakan, selain mengajak anak membatik, ia memperkenalkan alat batik kepada siswanya. Di antaranya canting, malam, dan kompor.

“Tadi saya dan guru lainnya juga mempraktekkan bagaimana cara membatik,” tutur Siti. Siti menambahkan, karena membatik kain menggunakan kompor, maka dirinya meminta anak untuk membatik di atas kertas. Itu dilakukannya untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti terbakar. “Kainnya kami ganti dengan kertas. Warnanya kami ganti dengan pewarna makanan, dan cantingnya kami ganti dengan pembersih kuping,” ujarnya.

(Siti menjelaskan, dalam rangka memperingati hari batik nasional ini, selain mengajak anak membatik di atas kertas, ia juga menganjurkan anak memakai batik. “Tadi kami juga menggelar fashion show batik,” ucapnya. Sementara itu, salah satu siswa TK Al Hikmah, Lintang Rinonce mengaku sangat senang diajari membatik oleh gurunya. Anak yang baru berumur 5 tahun itu membatik bunga. “Memilih bunga, karena gambarnya mudah,” katanya. Siswa lainnya, Zaki mengaku tidak kesulitan membatik di atas kertas. Karena tidak jauh berbeda dengan mewarnai. “Saya warnai dengan warna merah,” pungkasnya.

Source https://regional.kompas.com https://regional.kompas.com/read/2017/10/02/11572771/hari-batik-seratusan-anak-tk-di-kendal-membatik-di-atas-kertas
Comments
Loading...