Kerajinan Menggulung Kertas Di Kediri

0 164

Kerajinan Menggulung Kertas Di Kediri

Di tangan Idham Chalik kertas bisa menjadi karya seni bernilai tinggi. Lipatan kertas yang disusun hingga menjadi lukisan wajah seseorang. Potongan-potongan kertas yang menjadi bahan utama kerajinan.

Paper quilling namanya, Paper Quilling adalah seni menggulung kertas, hasil gulungan tersebut dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang menawan. Paper Quilling sudah cukup populer, khususnya dipulau Jawa. Namun untuk di Kediri masih terbilang awam.

Untuk membuat sebuah karakter, tahap awal adalah memilih bahan untuk kemudian dipotong-potong. Pilih warna sesuai karakter yang akan dibuat. Setelah dipotong-potong, kertas digulung dan ukurannya berbeda. Untuk bentuk kepala, biasa dibuat besar. Sedangkan untuk tangan dan kaki dibuat kecil-kecil. Kertas-kertas yang sudah digulung itu kemudian dirangkai. “Dipasang mulai dari, kaki, tangan, dan seterusnya.

Idham Chalik belum lama menekuni bidang ini, Baru sekitar 2 tahun. Namun, sebelumnya dia sudah berkutat di bidang seni kerajinan juga tetapi baru 2 tahun yang lalu beliau baru membuat produk yaitu paper quilling.

Dalam pemasarannya Idham Chalik menggunkan media pameran pameran yang diadakan oleh pemerintah kabupaten kediri maupun luar kota kediri. Dari situlah idham mengenalkan produknya ke masyarakat kediri dan seluruh indonesia. Tidak hanya mengandalkan pameran saja, idham juga menggunakan media sosial yaitu facebook dan juga instagram.

Tidak hanya produk paper quiling saja, pak idham juga memproduksi lukisan yang sangat cantik, terlihat dari salah satu produknya ini.

Source http://dedjoem.com/ http://dedjoem.com/idham-chalik-mendulang-rupiah-dari-menggulung-kertas/
Comments
Loading...