Kerajinan Miniatur Bahan Kayu Di Jepara

0 351

Kerajinan Miniatur Bahan Kayu Di Jepara

Tekad Nurfuad, warga Mulyoharjo, Jepara berganti profesi menjadi keberhasilan bagi kehidupannya. Setelah bertahun-tahun menjadi sopir angkot, pria beranak 3 ini meraih kehidupan yang lebih baik dengan menjadi seorang pengrajin kayu. Memanfaatkan limbah kayu yang banyak tersedia di Jepara, pria ini sukses menjadi pengrajin miniatur. Pemesannya tidak hanya dari Indonesia, namun juga orang-orang manca negara.

Suatu saat di tahun 2008, saat Nurfuad yang masih menjadi sopir angkutan, melewati jalanan Kawasan Sentra Patung Desa Mulyoharjo, Jepara. Di kawasan ini berbagai macam produk kerajinan kayu dipajang menunggu para pembeli datang membelinya. Matanya tidak lepas dari sebuah produk kerajinan berbentuk Kapal Pinisi yang dipajang. Rasa kagetnya muncul, ketika temannya yang tinggal di kawasan itu menjelaskan, harga kapal pinisi tersebut ratusan ribu rupiah.

Pria asli Jepara ini merasa tertantang. Sebab bentuk kerajinan miniatur tersebut, menurutnya tidaklah sebagus yang mungkin bisa dibuatnya. Sejak itu keinginan untuk membuat kerajinan miniatur langsung timbul. Di sela-sela menjadi sopir angkot, dibuatnya sebuah kerajinan kayu kapal pinisi. Setelah jadi, karyanya dititipkan di show room milik temannya di Kawasan Sentra Patung Mulyoharjo. 

Berapapun harganya, ia meminta agar karyanya itu bisa dijual. Tidak diduga, dalam satu hari berikutnya, ia mendapatkan uang Rp 800 ribu dari kapal pinisi yang dititipkan ke temannya. Sejak itu akhirnya ia tinggalkan profesinya sebagai sopir angkot. Kini Nurfuad menjadi salah satu pengrajin produktif di Desa Mulyoharjo, yang terkenal dengan berbagai produk kerajinannya.

Source Kerajinan Miniatur Bahan Kayu Di Jepara Kerajinan Miniatur Bahan Kayu Di Jepara
Comments
Loading...