Kerajinan Miniatur Barongan Di Tulungagung

0 109

Kerajinan Miniatur Barongan Di Tulungagung

Miniatur Barongan Dari Tongkat Pramuka Karya Siswa SMK. Berawal dari hobi melihat kesenian barongan, seorang siswa di Tulungagung , membuat miniatur barongan dari tongkat pramuka. kreatifitas tidak memandang usia. Inilah yang dilakukan oleh Yulfa Nur Amanudin, siswa kelas 11 sebuah SMK di Kabupaten Tulungagung. Ditanganya sebuah tongkat pramuka yang hanya dipandang sebelah mata, dirubah menjadi kerajinan miniatur barongan. Miniatur yang hanya sebesar ibu jari orang dewasa ini, tidak kalah menarik dengan barongan berukuran asli.

Untuk membuatnya Yulfa harus memilih tongkat pramuka yang lurus. Setelah digergaji potongan tongkat lalu digambar pola dan diukir dengan cuter. Dibutuhkan ketelitian dalam proses ini karena kalau salah harus mengulang dari awal. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Yulfa memilih menggunakan cat mobil sebagai bahan pewarna. Selain lebih mengkilat, cat mobil juga cepat kering dibandingkan dengan cat kayu. Butuh waktu hingga tiga hari untuk membuat sebuah miniatur barongan.

Siswa jurusan Teknik Kotruksi Kayu ini mulai menekuni kerajinan sejak setahun lalu. Awalnya mencoba membuat miniatur berbahan styrofoam. Setelah itu Yulfa mulai belajar membuat miniatur berbahan tongkat pramuka. Struktur kayu tongkat pramuka yang lunak membuatnya mudah diukir walau hanya menggunakan cuter.

Untuk pemasaran memilih menggunakan media sosial facebook. Sebuah miniatur barongan ini dibandrol mulai dengan harga 180 ribu rupiah. Karya kerajinan miniatur barongan tersebut sudah merambah ke beberapa kota besar, seperti Batam dan Palangkaraya. Hasil penjualan miniatur digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, dan untuk membantu keluarga.

Saat ini ia kewalahan untuk memenuhi pesanan miniatur, dan hanya bisa mengerjakan pemesanan miniatur sepulang sekolah. Dalam satu bulan rata rata bisa menyelesaikan 7 pesanan miniatur. Yulfa Nur Amanudin, Pengrajin Miniatur Barongan, Tulungagung, Jawa Timur.

Source http://dedjoem.com http://dedjoem.com/miniatur-barongan-dari-tongkat-pramuka/
Comments
Loading...