Kerajinan Miniatur Barongsai Di Malang

0 237

Kerajinan Miniatur Barongsai Di Malang

Perayaan tahun baru Imlek selalu membawa berkah bagi pengrajin miniatur barongsai, karena jumlah pesanan meningkat drastis.

Seperti dialami Suparman, pengrajin miniatur barongsai yang tinggal di Jalan Panji Pulung Jiwo Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang ini. Suparman mampu membuat 50 topeng kepala barongsai per harinya. Jumlah pesanan ini meningkat hingga 3 kali lipat.

Selama bulan Januari, Suparman memperoleh pesanan 700 barongsai mini, yang datang dari Malang raya, Surabaya dan Jakarta. Sudah 15 tahun Suparman menggeluti bisnis pembuatan miniatur barongsai. Dalam sebulan, ia mampu menghasilkan ratusan karya dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu.

Ia mengaku tidak ada kendala dalam menjalankan usahanya. Namun karena barongsai dan liong itu dibuat dari kertas daur ulang dan lem, maka panas matahari menjadi faktor yang paling menentukan dari lancar tidaknya proses pembuatan barongsai mini.

“Cara membuat barongsai dan liong itu  kertas ditempelkan pada cetakan menggunakan lem. Ditumpuk-tumpuk sampai ketebalan tertentu. Karena menggunakan lem itu, pengeringan harus cepat dan maksimal”, pungkasnya.

Source https://agtvnews.com/ https://agtvnews.com/2017/01/perajin-miniatur-barongsai-kebanjiran.html
Comments
Loading...