Kerajinan Miniatur Bunga Dari Kepompong Di Surabaya

0 376

Kerajinan Miniatur Bunga Dari Kepompong Di Surabaya

Ulat sutra identik dengan benang yang disulam menjadi kain sutera dengan harga mahal. Tapi siapa sangka, rumah ulat sutra atau kepompong juga dapat menghasilkan uang bernilai jutaan rupiah. Di tangan Ibu Tien, berlokasi di Jalan Ciliwung, Surabaya, kepompong ulat sutra diubahnya menjadi perhiasan aneka bros, tempat tisu juga aneka macam bunga.
Untuk mendapatkan kepompong tidak terlalu sulit karena ibu tien, punya tenaga pengepul dari yogyakarta. yakni kepompong ulat sutra murbei yang dibudidayakan maupun yang hidup di alam bebas. berawal dari kesukaanya membuat barang kerajinan, ibu tien mulai tertarik dengan kepompong. karena ulat sutra hanya dimanfaatkan benangnya saja, sedangkan kepompongnya dibuang dan menjadi sampah.
Untuk membuat kerajinan kepompong sebenarnya, cukup sederhana. Pertama kepompong kering dibersihkan, dan di rendam dengan air panas selama lima belas menit, lalu kepompong ditiriskan, dan diberi warna. Kepompong yang sudah kering siap di rangkai sesuai keinginan.
Barang kerajinan bernilai seni ini dipasarkan dengan harga dikisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Kerajinan dari kepompong ulat buatan Ibu Tien ini, juga di pasarkan ke manca negara, yakni Malaysia, Spanyol, dan Amerika. Ke depannya, Ibu Tien akan berusaha membuat kerajinan dari bahan kepompong ulat – ulat yang lain.
Source http://rachmatikakaifayasya.blogspot.co.id http://rachmatikakaifayasya.blogspot.co.id/2011/06/kerajinan-miniatur-bunga-dan-bros-dari.html
Comments
Loading...