Kerajinan Miniatur Dengan Solder Di Magelang

0 210

Kerajinan Miniatur Dengan Solder Di Magelang

Solder listrik ternyata tak hanya berfungsi untuk mematri rangkaian elektronik saja. Di tangan seorang perajin di Magelang, Jawa Tengah, solder menjadi alat utama untuk membuat kerajinan miniatur hewan. Alhasil, terciptalah kerajinan yang indah dan bernilai seni tinggi.

Kreatif. Mungkin itulah ungkapan kita saat melihat dan mengamati hasil kerajinan miniatur berbagai hewan dengan teknik solder, hasil karya Dani warga Desa Tegal Arum, Kecamatan Borobudur, Magelang. Melalui tangan dinginnya, kerajinan yang belum banyak dilirik orang itu tercipta.

Menurut Dani, usaha membuat mainan bermotif hewan kayu solder dilakukan sejak 2005. Keahliannya diperoleh secara tidak sengaja, yakni saat melihat goresan solder panas mengenai sebuah papan kayu. Warna coklat kehitaman bekas goresan solder, menarik perhatiannya.

“Saat itu melihat goresan solder di papan, ternyata warnanya bagus. Makanya timbul ide untuk membuat miniatur hewan dengan warna-warna alami tersebut,” kata Dani di kediamannya.

Tidak terlalu sulit untuk membuat kerajinan yang kini banyak digemari wisatawan tersebut. Pertama, kayu sengon dipilih kemudian dipotong dan dibentuk menyerupai hewan yang dikehendaki. Proses selanjutnya potongan kayu yang sudah terpola dijemur hingga kering.

Proses terahir yakni memunculkan bulu-bulu dan kulit sesuai hewan aslinya. Caranya, ujung solder yang panas digunakan sebagai mata pena untuk membuat guratan-guratan. Dengan ketelitian yang dipadukan unsur seni, panas solder yang membentuk tekstur dan warna yang natural pada kayu. Akhirnya, kerajinan pun siap dipasarkan.

Harga yang ditawarkan pada setiap kerajinan pun relatif terjangkau, mulai dari Rp12 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya. Hasil karya Dani banyak diburu para wisatawan di kasawan Candi Borobudur, Magelang, untuk sekadar buah tangan maupun cindera mata bagi para kolega.

Untuk melayani permintaan pasar, miniatur-miniatur hewan “kerajinan solder” itu, kini telah merambah ke kota-kota besar di Pulau Jawa, di antaranya Semarang, Solo, Bandung dan Yogyakarata.

Source https://news.okezone.com https://news.okezone.com/read/2013/02/11/514/759907/kerajinan-solder-diburu-wisatawan-candi-borobudur
Comments
Loading...