Kerajinan Miniatur Gitar Di Yogyakarta

0 229

Kerajinan Miniatur Gitar Di Yogyakarta

komoditi pertanian tertunda pengirimannya. Namun tidak demikian dengan hasil industri kerajinan miniatur gitar di Sidikan, Yogyakarta. Pesanan terhadap hasil industri kerajinan milik Kadir Ngamino ini justru meningkat.

Gitar mini Kadir hanya dipasarkan ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara di Eropa. Ketika para eksportir mengeluh lesunya permintaan dari luar negeri, omzet industri ini justru naik hingga dua kali lipat. Dalam sebulan ia mendapat permintaan hingga 4.000 gitar mini senilai US$ 30.000. Menurut Kadir, usahanya dapat bertahan karena konsisten menjaga kualitas produk.

Dalam memproduksi replika gitar, bahan baku yang dibutuhkan yakni, kayu mahoni, sonokeling, alumunium, fiber, tenol, resin (snar), jarum pentol, mata itik, dan lain-lain. Proses pembuatannya sangat rumit dan melalui puluhan kali proses, agar menghasilkan produk miniatur gitar yang benar-benar berkualitas.

Meningkatnya permintaan hasil kerajinan ini juga turut dinikmati para karyawan Kadir yang rata-rata digaji sekitar Rp 1 juta per bulan. Sementara untuk memenuhi permintaan pasar, Kadir Ngamino dibantu oleh 20 karyawannya.

Source http://news.liputan6.com http://news.liputan6.com/read/168914/omzet-ekspor-kerajinan-miniatur-gitar-meningkat
Comments
Loading...