Kerajinan Miniatur Kaca Di Malang

0 643

Kerajinan Miniatur Kaca Di Malang

Kreativitas jika dipupuk terus dan dijalani dengan tekun hasilnya akan segera kelihatan. Itu pula yang dilakukan Rendra Anang Pambudi. Berbekal kemauan keras, lelaki 31 tahun ini mampu memanfaatkan limbah kaca menjadi hiasan bernilai tinggi. Tumpukan limbah kaca tampak berserakan di depan rumah Rendra Anang Pambudi di Perum Graha Sapto Raya, Pakis. Tumpukan kaca itu tak beraturan. Sebagian dibiarkan tergeletak begitu saja.

Di ruang tamu rumah berukuran 6 x 7 meter itu tampak Rendra serius mengamati hasil karyanya. Ada miniatur menara Petronas (Malaysia), menara Eiffel (Prancis), dan beberapa miniatur lainnya. Miniatur itu tertata rapi di sudut-sudut ruang tamu. Ada yang sudah 100 persen jadi, ada pula yang baru tergarap 80 persen.

“Semua miniatur sudah ada yang pesan. Tinggal finishing dan kirim saja,” ucap Rendra Rendra sendiri menyebut karya miniatur bangunan dari kaca itu dengan sebutan kerajinan kaca datar. Disebut begitu karena karya Rendra ini berupa tumpukan-tumpukan kaca yang disusun rapi mendatar membentuk miniatur sebuah bangunan.

Ide membuat miniatur bangunan dari limbah kaca ini mulai muncul di benak Rendra pada 2005. Saat itu, pria berkaca tebal ini melihat tayangan TV swasta tentang pemanfaatan limbah. Pengaruh tayangan tersebut membuat dia penasaran dan selalu berpikir mengenai limbah apa yang bisa dimanfaatkan.

Dua miniatur buatannya seharga Rp 75 ribu itu pun laris manis. Bahkan sejak itu Rendra kebanjiran pesanan hingga sekarang. Para pemesan bukan saja dari warga Malang Raya, tapi juga luar kota seperti Surabaya, Blitar, dan Jakarta.

Seiring banyaknya pesanan, limbah kaca yang dibutuhkan juga semakin banyak. Setiap minggunya, Rendra sudah menghabiskan lebih dari 50 kg. Setiap kilo limbah kaca harganya Rp 300 rupiah. Bahkan kalau ada yang menginginkan ada ornamen warna, Rendra harus membeli kaca yang bukan limbah. “Sekarang saya juga sudah mempunyai tiga orang pekerja. Sebab banyak order yang masuk,” aku Rendra.

Source Kerajinan Miniatur Kaca Di Malang Kerajinan Miniatur Kaca Di Malang
Comments
Loading...