Kerajinan Miniatur Kapal Di Mojokerto

0 267

Kerajinan Miniatur Kapal Di Mojokerto

Keberhasilan Yuliastoni dalam memproduksi miniatur kapal layar pun diikuti dengan mengalirnya pesanan dari para konsumen untuk membuat model-model kapal layar sesuai dengan keinginan dan selera konsumen. Meningkatnya pesanan pembuatan miniatur kapal layar dari para konsumen telah membuat Yuliastoni terpaksa menghentikan kegiatan penjualan door to door.

Untuk membuat berbagai miniatur kapal layar itu Yuliastoni mempergunakan bahan baku utama berupa kayu mahoni atau kayu sonokeling yang secara kebetulan mudah diperoleh dari sekitar Mojokerto, Jawa Timur dengan harga yang relatif murah namun kualitas kayunya cukup bagus.

Kayu mahoni atau sonokeling itu dipergunakan untuk membuat badan kapal mulai dari anjungan, lambung kapal sampai buritan. Untuk membuat tiang-tiang miniatur kapal layar, Yuliastoni memanfaatkan limbah kayu ramin dari pabrik pengolahan kayu di sekitar Surabaya.

Dengan dibantu oleh 12 orang karyawan, Yuliastoni kini mampu memproduksi rata-rata sekitar 1.000 unit miniatur kapal layar berbagai model dengan berbagai ukuran mulai dari ukuran panjang 10 cm sampai ukuran panjang 2 meter. Produk kerajinan miniatur kapal layar itu dipasarkan ke sejumlah kota besar di tanah air seperti Jakarta, Bali dan Yogyakarta dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 20.000 per unit hingga Rp 2 juta per unit.

Source Kerajinan Miniatur Kapal Di Mojokerto Kerajinan Miniatur Kapal Di Mojokerto
Comments
Loading...