Kerajinan Miniatur Karnaval Batik Di Solo

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
0 172

Kerajinan Miniatur Karnaval Batik Di Solo

Kerajinan kostum minatur batik karnival yang memanfaatkan bahan baku sisa-sisa potongan kain batik produksi perajin asal Solo, Jawa Tengah banyak diminati masyarakat.

“Saya berawal dari seorang perancang kostum batik karnival sejak 2009 hingga sekarang mendapat banyak pesanan untuk kegiatan, tetapi dari hasil sisa potongan atau perca batik kemudian dimanfaatkan sebuah karya seperti boneka atau miniatur batik karnival.” kata Sri Rahayu warga Jalan Sri Gunting IV No.14 Gremet Manahan, di Solo.

Menurut Rahayu, awalnya ide tersebut muncul hanya iseng setelah banyak mengumpulkan kain perca batik sisa dari membuat kostum batik karnival yang sering digelar setiap tahun di Kota Solo.

Menurut dia, pesanan miniatur kostum batik karnaval tersebut datang dari berbagai daerah, antara lain Semarang, Pekalongan, Jakarta, Cepu dan kota lain yang memiliki acara karnaval kostum seperti Kota Solo ini.

Boneka atau miniatur kostum batik karnaval tersebut, kata dia, harganya cukup terjangkau ditawarkan antara Rp250 ribu hingga Rp300 ribu per buah tergantung ukurang dan tingkat kerumitan saat memproduksi.

Menurut dia, cara memasarkan produk kerajinan ekonomi kreatifnya tersebut antara lain melalui jaringan “online” dan pelanggannya yang datang langsung ke galerinya.

“Saya membuat miniatur kostum batik karnaval ini, dirancang sendiri, sehingga setiap membuat kostum bisa memakan waktu hingga tiga hari. Saya tidak bisa menentukan kemampuan produksi setiap bulan karena semua tergantung banyaknya pesanan yang rata-rata 10 hingga 15 buah per bulan,” katanya.

Rahayu menjelaskan, kostum batik karnaval diproduksi dengan memanfaatkan berbagai bahan baku kain seperti corak batik, lurik, matras, dan sebagai aksesoris guna mempercantik produk.

“Awalnya dari iseng ternyata banyak peminatnya, dan laku dibeli orang. Saya kembangkan untuk membuat produk itu, sesuai yang sedang lagi tren soal kostum balik karnaval saat ini,” katanya.

Source https://jateng.antaranews.com https://jateng.antaranews.com/detail/miniatur-batik-karnaval-solo-banyak-diminati-masyarakat.html
Comments
Loading...