Kerajinan Miniatur Kendaraan Dari Limbah Di Sleman

0 221

Kerajinan Miniatur Kendaraan Dari Limbah Di Sleman

Di Sleman warga Dusun Rejosari, Jogotirto, Sleman mulai mengelola sampah dengan merubahnya menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Pengolahan sampah secara swadaya ini tergabung dalam kelompok pengolahan sampah mandiri yang diketuai oleh Kusnadi Priyono.

Menurut Kusnadi, kelompok pengolahan sampah yang dikelolanya lebih mengedepankan nilai sosial. Sehingga masyarakat tidak semuanya membayarkan iuran namun tetap diberikan pelayanan.

Proses pemilihan dilakukan dengan mengambil barang bekas seperti plastik dan sejenisnya yang bisa didaur ulang. Sedangkan untuk sampah organik ada pengolahan tersendiri. Sampah itu diambil dari sekitar 90 kepala keluarga di kampung tempat tinggalnya. Sedikitnya 30 pemuda yang menjadi sukarelawan pengambilan sampah di dusun ini. Mereka melakukannya sebagai kegiatan sosial.

Setelah sampah dikumpulkan kemudian dipilah sesuai dengan bahan yang bisa dimanfaatkan. Jika ditemukan sampah yang secara fisik anggota kesulitan untuk mengolah kemudian dijual ke tukang rosok dan hasil penjualan dimasukkan ke kas pemuda. Kemudian sampah yang sekiranya bisa diolah sendiri langsung dijadikan kerajinan.

Salahsatu jenis sampah yang banyak diolah Kusnadi adalah sampah kaleng minuman softdrink. Kaleng tersebut diolah menjadi berbagai macam souvenir unik seperti menjadi kendaraan bermotor mini sejenis vespa, mobil dan lain-lain.

Pembuatan kerajinan souvenir dari kaleng softdrink, lanjut dia, memang mendapat respon positif dari masyarakat karena dinilai unik. Bahkan ia sudah berani menjual souvenir tersebut meski saat ini terkendala pemasaran.

Source Kerajinan Miniatur Kendaraan Dari Limbah Di Sleman Kerajinan Miniatur Kendaraan Dari Limbah Di Sleman
Comments
Loading...