Kerajinan Miniatur Mebel Di Nganjuk

0 293

Kerajinan Miniatur Mebel Di Nganjuk

Berawal dari iseng membuat kerajinan tangan salah satu pengrajin miniatur mebel di Nganjuk Jawa Timur mampu menghasilkan penghasilan jutaan rupiah per bulannya. Bahkan hasil karyanya ini mendapat apresiasi dari Luar Negeri yang ingin memesan kreativitasnya.

Sekilas tidak ada yang berbeda dari beragam jenis mebel mulai dari meja kursi  tempat tidur hingga almari yang dipampangkan pengrajin kerajinan tangan miniatur mebel oleh Suwaji di Jatirejo Kecamatan Loceret Nganjuk Jawa Timur. Namun, Suwaji mengakui jika menghasilkan karya itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Suwaji menjelaskan jika membuat kerajinan itu dengan peralatan yang cukup sederhana namun membutuhkan ketelitian.

“Alat-alatnya cuma pembentuk perabot rumah tangga saja, kayak gunting, penjepit, pisau, tang, kikir, dan kain,  namun dibutuhkan ketelitian dan kesabaran” jelasnya.

Cara pembuatan Kerajinan Miniatur Mebel

Lebih lanjut Suwaji menjelaskan proses pembuatan, pertama-tama kayu limbah di bentuk menggunakan gergaji mini yang di gerakakn oleh dynamo. Setelah itu masing-masing motif di gabungkan dengan lem dan paku agar pada saat penggabungan tidak ada celah atau lubang yang ada pada mebel miniaturnya.

Selanjutnya motif yang telah di gergaji di amplas dan disatukan dengan menggunakan penjepit sebagai pengikat agar tidak terlepas sehingga menghasilkan mebel yang sesuai dengan peralatna rumah tangga yang diinginkan. Tidak sampai disitu, memasuki tahap akhir mebel yang sudah terbentuk di amplas ulang untuk memperhalus sebelum di plitur agar terlihat rapih setelah itu barulah proses penyutiran.

Harga yang ditawarkan oleh Suwaji relative terjangkau, mulai dari sepuluh ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung dari besar kecilnya mebel tersebut. “kalau yang sering dipesan itu jenis meja dan kursi gitu” ucapnya.

Source https://www.adakitanews.com https://www.adakitanews.com/berawal-dari-iseng-hingga-menghasilkan-jutaan-rupiah/
Comments
Loading...