Kerajinan Miniatur Perahu Dari Purwakarta

0 223

Kerajinan Miniatur Perahu

Banyak cara dilakukan untuk menjadikan sumber penghasilan, salah satunya dengan menekuni bakat yang dimiliki. Seperti Arifin seorang warga Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Arifin yang tinggal di Desa Jatimekar, Kecamatan, Jatiluhur, Purwakarta itu dalam kesehariannya menggeluti kerajinan pembuatan miniatur perahu. Hal itu dilakukan karena usahanya memiliki prospek seiring tingginya minat masyarakat untuk memperoleh hasil produksinya.

Meski dengan menggunakan peralatan seadanya seperti gunting, lem perekat dan alat tulis tidak menjadi penghambat bagi pria tiga anak itu. Dia menciptakan setiap miniatur perahu mulai dari tahapan merancang dan membuat pola serta tahap produksi hingga menjadi karya seni yang bernilai tinggi.

Miniatur perahu yang dibuat mulai dari jenis perahu rakyat, perahu kerajaan, perahu perang dan perahu khas Indonesia hingga perahu Marcopolo. Dikatakan Arifin dalam membuat miniatur perahu, lamanya proses sangat tergantung pada jenis perahu yang dibuat karena harus sangat mirip dengan aslinya.

“Kalau ukurannya besar ukuran di atas 3 meter bisa satu minggu hanya satu, kadang dua minggu satu. Tapi bisa juga seminggu bisa dapat dua perahu. Karena setiap miniatur harus detil sehingga nampak seperti aslinya,” ujar Arifin.

Dalam membuat miniatur perahu dia menggunakan sejumlah bahan dasar, mulai dari veneer berbahan kayu jati yang telah dibentuk tipis, Kinbot Batik, Nalaket Jeans, serta kayu batangan. Sedangkan untuk aksesoris dia menggunakan bahan sejenis kertas.

Miniatur perahu yang dibuat Arifin, biasanya dipesan oleh perorangan maupun komunitas. Bahkan belakangan mulai dilirik para pengusaha untuk dijual ke seantero negeri bahkan sebagian di antaranya diekspor ke luar negeri.

Untuk harga, miniatur perahu buat Arifin dijual dengan harga antara Rp 100 ribu hingga Rp 3 Juta. Atau tergantung ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatan. Harga Rp. 3 Juta selain ukurannya besar dan bagus, karena sudah menggunakan pigura kaca.

Source Kerajinan Miniatur Perahu Dari Purwakarta Kerajinan Miniatur Perahu Dari Purwakarta
Comments
Loading...