Kerajinan Miniatur Phinisi Di Kep. Selayar

0 283

Kerajinan Miniatur Phinisi Di Kep. Selayar

Sehari-hari dia dipanggil Pet. Dia seniman yang lebih senang dengan nama sapaan itu. Pet adalah pengrajin miniatur kapal phinisi di Benteng, Pulau Selayar.  Dia seorang diri tanpa bantuan siapapun, hanya dengan bermodalkan kayu pegangan eskrim, lem fox, cutter dan gunting.

Dia hanya butuh waktu dua pekan untuk membuat miniatur kapal phinisi, kapal khas pelaut Sulawesi Selatan. Tambahan bahannya adalah dengan mengumpulkan sampah ranting kayu bakau untuk dirakit sebagai tiang layarnya.

Harga Miniatur Kapal Phinisi buatannya dia tawarkan dengan Harga Rp 200 ribu. Dan perlu diketahui bahwa Pet adalah orang yang kurang beruntung dibandingkan kita semua karena kakinya cacat sejak kecil yakni telapak kakinya terbalik keatas dan menghadap ke belakang.

Dengan segala kekurangannya, tak membuat Pet patah semangat menjalani hidup dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.  Suka duka dan pahit manis kehidupan mampu ia lewati dengan berusaha menjadi manusia yang berguna dan berkarya meskipun dalam manis senyumnya terpendam keluh dan perih dalam perjuangan menghias bingkai kehidupannya.

Di sisi lain, Pet juga termasuk orang yang perhatian terhadap lingkungan sekitarnya. Mulai dari sampah yang mampu Ia daur ulang menjadi sebuah karya yang bernilai, bahkan sampai pada ketenaran dan kegigihan Kapolres Kepulauan Selayar dalam menjaga kamtibmas di Kepulauan Selayar.

Source http://makassar.tribunnews.com http://makassar.tribunnews.com/2014/06/11/mapolres-selayar-jadi-pusat-kerajinan-miniatur-phinisi?page=2
Comments
Loading...