Kerajinan Miniatur Wayang Dari Bubur Kertas Di Lowokwaru

0 404

Kerajinan Miniatur Wayang Dari Bubur Kertas Di Lowokwaru

Selalu saja ada karya kreatif dan inovatif dari seniman Kota Malang untuk mengangkat nama Kota Pendidikan ini melalui karya budaya. Seperti halnya dilakukan Hariyono, warga Jl. Candi Bima 9 Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru yang membuat miniatur wayang berbahan dasar bubur.

Hariyono mengungkapkan baru beberapa bulan terakhir ini dirinya membuat miniatur wayang menggunakan bahan bubur. Bubur yang digunakan bukanlah bubur bayi, tetapi bubur kertas yang berasal dari kertas-kertas bekas.

Hariyono menceritakan, untuk membuat satu model miniatur wayang ukuran kecil saja membutuhkan waktu sekitar satu minggu, demikian juga untuk ukuran yang lebih besar. Karena itulah harga jual miniatur wayang bubur kertas buatannya juga masih relatif mahal. “Untuk ukuran kecil biasa saya jual Rp 50.000, sementara itu untuk yang ukuran besar antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 600.000,” terang Hariyono.

Menurutnya, kalau di Jawa Barat terkenal dengan wayang golek, pria kelahiran 72 tahun yang lalu ini berharap dari Kota Malang ini lahir kreasi wayang yang bisa menjadi ikon Kota Malang, dan ke depannya Kota Malang semakin dikenal dengan kerajinan wayang bubur kertas.

Sebelum menjadi pengrajin miniatur wayang dari bubur kertas seperti sekarang ini, Hariyono mengaku sudah lama bergelut dengan dunia seni, baik itu menjadi pematung ataupun melukis. Berbekal keterampilan yang dimilikinya itulah ia tidak mengalami kesulitan untuk mengembangkan diri dan tetap berkreasi.

Source https://mediacenter.malangkota.go.id https://mediacenter.malangkota.go.id/2015/09/miniatur-wayang-bubur-kertas-kreasi-bapak-ini-patut-diapresiasi/
Comments
Loading...