Kerajinan Monel Di Jepara dengan China

0 341

Industri kerajinan monel yang ada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah lesu seiring serbuan produk serupa dari China.

Harga monel ini bervariasi mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung bentuk, jenis maupun bahan. Produk monel dari Jepara saat ini sudah merambah berbagai daerah di Indonesia. Bahkan gelang yang dipakai jamaah haji asal Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir juga merupakan hasil produksi perajin monel Jepara.

Pemilik galeri Seni Sakti Monel, Abdur Rohim mengatakan, serbuan produk monel dari negara asing yang marak dalam dua tahun terakhir telah membuat produksi maupun penjualan monel asal Jepara lesu.

Maklum, harga produk monel dari China tersebut 30 persen lebih murah dari produk serupa buatan Jepara. Rohim mencontohkan, jika kalung produksi Jepara harganya Rp30 ribu, maka produk sejenis dari China hanya dibanderol sekitar Rp20 ribu.

Kondisi ini, kata dia, mengakibatkan tingkat produksi maupun penjualan produk monel Jepara mengalami penurunan hingga hampir 50 persen. Akibatnya, saat ini banyak perajin monel kelas kecil yang gulung tikar dan beralih profesi.

Selain itu, imbas negatif juga dirasakan pengusaha monel kelas menengah ke atas. Mereka juga terpaksa merumahkan sejumlah karyawannya karena permintaan dari pasar semakin lesu.

“Karyawan saya awalnya sekitar 50 orang. Tapi sekarang sekitar 10-15 orang saya rumahkan untuk sementara. Nanti kalau kondisinya sudah normal saya tarik lagi,” kata dia.

Kabid Perhubungan pada Disperindag Kabupaten Jepara, Subkhan mengatakan, Pemkab sudah menggelar berbagai langkah agar eksistensi industri monel tetap terjaga. Salah satunya, yakni dengan mendirikan klinik desain. Para pengusaha monel bisa mengembangkan usahanya dengan menerapkan desain-desain yang dikembangkan di klinik tersebut.

Selain itu, Pemkab Jepara juga terus berupaya mengenalkan produk andalannya kepada publik lewat berbagai ajang pameran. Agar hasilnya lebih maksimal, ke depan direncanakan akan digelar pameran khusus untuk produk tertentu asal Jepara.

“Kita berharap nanti juga ada showroom miniature produk asal Jepara. Mungkin bisa seperti yang ada di Disperindag Provinsi Jawa Tengah. Jadi semua produk bisa dipajang dan publik bisa mendapat informasi memadai terkait berbagai kerajinan asli Jepara,” pungkasnya.

Source https://ekbis.sindonews.com https://ekbis.sindonews.com/read/778613/34/diserbu-produk-china-industri-monel-jepara-lesu-1378183534
Comments
Loading...