Kerajinan Mosaik Kranjan Tile Di Lampung Selatan

0 143

Kerajinan Mosaik Kranjan Tile Di Lampung Selatan

Beberapa pekerja masih menyelesaikan pembuatan lempengan yang diberi potongan –potongan kecil batok kelapa di bengkel kreatif milik Samadi di dusun Kranjan Desa Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Lempengan ini dari bahan triplek dengan ketebalan sekitar 5 milimeter.

Lempengan berukuran 40 cm x 40 cm ini kemudian ditempeli potongan-potongan kecil batok kelapa yang sudah dibersihkan dengan disusun sedemikian rupa. Lempengan ini tidak ubahnya seperti lempengan keramik (tile).

 “Kami sedang menyelesaikan pesanan dari Singapura yang memesan mosaik batok kelapa ini,” kata Samadi.

Bengkel kerajinan miliknya selama ini memang dikenal memproduksi berbagai produk berbahan batok kelapa. Produk-produknya seperti kancing batok kelapa, tas dompet dan tas wanita, cawan minum dan beberapa produk lainnya yang berbahan batok kelapa.

Pembuatan lempengan yang ia beri nama Mosaik Kranjan Tile ini mulai serius dilakukannya setahun terakhir.

Mosaik ini bisa dipasang sebagai variasi hiasan dinding rumah atau kamar tidur. Bisa pula untuk plafon rumah serta lantai.

Ide pembuatan Mosaik Kranjan Tile ini terinsipirasi dari hiasan kaca patri dan juga pelamis rumah dari batu kali yang dicetak khusus. Serta beberapa wallpaper untuk dinding.

“Saya berpikir, batok kelapa bisa dibuat seperti lempengan keramik untuk menjadi pemanis dinding seperti halnya kaca patri atau wallpaper lainnya,” ujar Samadi.

Samadi mengakui saat ini produknya belum begitu populer di kalangan masyarakat. Pemesanan selama ini, menurutnya, baru dari pihak hotel.

“Biasanya ini untuk hiasan atau memberi sentuhan baru pada kamar hotel atau ruang-ruang yang ada di hotel. Beberapa waktu lalu, kami memasang di sebuah hotel yang ada di Serang, Banten,” kata dirinya.

Pemesanan lainnya, lanjut Samadi, justru datang dari luar negeri. Ini dikarenakan cukup banyak orang-orang mancanegara menyukai hal-hal klasik yang memiliki nilai seni. Tapi Samadi tetap optimis Mosaik Kranjan Tile buatannya memiliki prospek cukup baik ke depannya.

Ia pun terus memikirkan inovasi-inovasi untuk produk Mosaik Kranjan Tile-nya. “Pangsa pasarnya masih cukup luas. Ke depan, kami akan mencoba berinovasi dengan memasukkan muatan budaya lokal.  Mungkin pada motif. Sehingga bisa untuk menarik pangsa pasar lokal,” kata Samadi.

Source http://lampung.tribunnews.com http://lampung.tribunnews.com/2017/11/20/kerajinan-mosaik-kranjan-tile-diminati-pasar-mancanegara-namun-tidak-di-lampung?page=2
Comments
Loading...