Kerajinan Motif Celugam Khas Dari Lampung Barat

0 484

Kerajinan Motif Celugam Khas Dari Lampung Barat

Motif celugam khas dari Kabupaten Lampung Barat sekarang makin dikenal dan diminati oleh masyarakat baik di dalam maupun di luar kabupaten Lampung Barat (Lambar) sendiri. Melihat dari nilai seninya memang sudah sepantasnya mampu menarik perhatian banyak orang karena tampilannya yang unik dan paduan warnanya yang sangat kontras sehingga membuat mata tak bosan untuk memandangnya. Kerajinan celugam ini lahir dari pengrajin yang salah satunya adalah Siyam mengutamakan kekhasan dan seni yang bernilai tinggi lewat tangan-tangan trampil yang dikerjakan dengan sangat teliti dan trampil. Motif celugam ini sangat manis dipadupadankan dengan warna cerah maupun warna lembut sesuai dengan karakter pemakainya.

Paduan warna hitam, orange, putih dan merah merupakan paduan warna yang memberi kesan kemewahan bagi sipemakainya. Fashion bermotif celugam sangat pantas dikenakan pada pesta maupun acara resmi lainnya. Motif celugam/cilugam akan menambah rasa percaya diri bagi pemakainya sekaligus merupakan kebanggaan akan budaya negeri sendiri.

Aksesoris bermotif celugan juga sangat bervariasi dari kalung, cluth, dompet, tas, kain, jilbab, bahkan pemanis pada busana wanita maupun pakaian pria.

Sedangkan untuk perlengkapan rumah tangga juga sangat cocok menampilkan etnik celugam ini, seperti wadah tisue, taplak meja, bantal kursi ada juga tatakan gelas, wah pokoknya ok punya deh. Siapa saja yang mempunyai selera tinggi dari nilai seni yang khas tentu akan merasa bangga untuk memilikinya.

Sudah sepantasnya kita sebagai bangsa yang memiliki banyak ragam etnik melestarikan apa-apa yang kita punyai seperti motif celugan khas Lampung Barat ini, kalau bukan kita para putra dan putri bangsa Indonesia siapa lagi yang akan melestarikan dan mengenalkan etnik yang kita miliki.

Bagalah dengan karya seni bangsa sendiri sebelum karya seni yang cantik unik dan menarik diakui oleh bangsa lain, jangan ngaku cinta Indonesia di mulut doang ya. Cinta Indonesia berarti cinta juga dengan etnik negeri sendiri. Motif celugan khas Lampung Barat sudah sepantasnya menjadi kebanggan negeri ini dan menjadi salah satu ikon dari Lampung Barat yang beribu kota Liwa.

Kalau ada yang sempat berkunjung ke kota Liwa kamu akan melihat langsung betapa bangganya warga Lampung Barat memiliki motif celugam ini, kota Liwa yang sejuk dihiasi oleh warna-warni motif celugam menjadi semakin semarak dan hangat juga damai dalam keberagaam suku dan agama.

Source https://jelmayatiasa.blogspot.com https://jelmayatiasa.blogspot.com/2018/03/motif-celugam-khas-dari-lampung-barat.html
Comments
Loading...