Kerajinan Mozaik Kaca Di Bogor

0 154

Kerajinan Mozaik Kaca Di Bogor

Bagi sebagian besar orang, limbah kaca mungkin akan dibuang begitu saja. Namun siapa sangka jika kepingan kaca tersebut bisa disusun menjadi mozaik nan apik. Karya seni ini juga memiliki nilai jual dan jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Peluang itulah yang digarap oleh Piping Maskumambang asal Bogor, Jawa Barat. Resah dengan jumlah limbah kaca yang makin menumpuk, ia pun menyulapnya menjadi aneka produk dekorasi rumah. “Di daerah sini, limbah kaca banyak dan biasanya hanya ditumpuk, karena banyak distributor kaca di sini,” ungkapnya.

Dari keresahan tersebut, Piping membesut Saung Beling pada tahun 2015. Ia mengaku, belajar seni mozaik secara autodidak. Dengan modal akses internet, ia belajar dari berbagai video tutorial di Youtube. Mulai dari membuat alas atau dasar produk sampai menyusun potongan-potongan kaca hingga nampak apik. Semua dilakukannya sendiri.

Saung Beling yang dikelola Piping menjual aneka produk dekorasi rumah dengan sentuhan mozaik, seperti cermin, guci, dan stepping stone. Harga aneka produk mozaik dari limbah kaca tersebut dibanderol mulai Rp 300.000 sampai Rp 600.000 per buah. Pembeli produk Saung Beling sebagian besar datang dari wilayah Bogor dan sekitarnya. Namun, Piping mengatakan, sempat beberapa kali mengirimkan produknya ke Jakarta, Surabaya, Lombok, Semarang dan Bandung.

Source https://peluangusaha.kontan.co.id https://peluangusaha.kontan.co.id/news/menyulap-limbah-kaca-jadi-mozaik-cantik
Comments
Loading...