Kerajinan Mug Di Bogor

0 198

Kerajinan Mug Di Bogor

Pengalaman bekerja di perusahaan keramik menginspirasi Muhammad Sofwan mendirikan usaha pembuatan mug berbahan keramik. Beda dari produsen mug lainnya, pemilik CV Prima Kreasindo itu membuat mug sesuai dengan bentuk yang diinginkan pelanggan (custom). Sebulan Sofwan menjual 20.000 mug dengan omzet Rp 100 juta.

Berbekal pengalaman bekerja selama tujuh tahun di perusahaan keramik, membuat Muhammad Sofwan terinspirasi untuk memproduksi mug keramik sendiri. Melalui CV Prima Kreasindo, Sofwan kini mampu menjual 20.000 mug setiap bulan, dengan omzet lebih dari Rp 100 juta per bulan.

Berbeda dengan pembuat mug lainnya, Sofwan membuat mug berdasarkan pemintaan alias custom dari pelanggan. Karena itu, produksi mug Sofwan juga beraneka ragam sesuai keinginan dan kebutuhan dari pelanggan.

Sejak 2002 silam, sarjana pertanian lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu memulai usaha pesanan mug di rumahnya di Bogor, Jawa Barat. Ia tidak hanya melayani pesanan mug skala besar, Sofwan dengan senang hati juga melayani pesanan perorangan. “Pesanan terbanyak untuk keperluan promosi,” kata Sofwan.

Saat merintis usaha pembuatan mug itu, Sofwan membuat 72 mug dengan desain dan bentuk mug yang berbeda. Mug itulah yang kelak menjadi produk pajangan usaha pembuatan mug custom miliknya. Keputusan Sofwan untuk berbisnis mug setelah melihat sepinya produsen mug yang melayani custom. Padahal, saat masih bekerja, Sofwan melihat pesanan mug custom ini sebenarnya hasilnya sangat menjanjikan.

Agar kesempatan itu tak berlalu sia-sia, Sofwan memutuskan untuk investasi dan menggarap bisnis mug custom itu. Demi usaha itu, Sofwan bahkan merelakan mobilnya dijual sebagai modal awal usaha. “Usaha ini tentu membutuhkan modal,” terangnya.

Untuk menjalani bisnis itu, setiap mug custom yang ia produksi dijual dari harga Rp 5.000 sampai Rp 30.000 per pieces. “Harga ini untuk pembelian minimal 1.000 pieces,” terang Sofwan.

Bagi pelanggan yang memesan mug sebanyak 50 pieces, Sofwan membanderol harga lebih mahal, yakni Rp 15.000 sampai dengan harga Rp 50.000 per pieces. Dalam menetapkan harga jual mug itu sangat bergantung dari ukuran mug. Semakin besar dan semakin rumit desain mug, maka harga mug akan semakin mahal.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sofwan-berbisnis-mug-keramik-tanpa-bikin-pabrik-1-1
Comments
Loading...