Kerajinan Mutiara Di Lombok

0 441

Kerajinan Mutiara Di Lombok

Lombok, Nusa Tenggara Barat, dikenal dengan keindahan warna-warni mutiaranya. Di pulau seribu masjid itu banyak pengrajin dan budidaya mutiara nan indah dan memikat. Di kota teramai di NTB, Mataram, pengrajin dan toko pernak pernik mutiara mudah dijumpai di sepanjang jalan protokol. Dari toko yang besar, kios kecil, sampai pedagang kaki lima di pinggir jalan penjual mutiara pun banyak wira-wiri.

Setelah menikmati beragam kuliner khas Lombok seperti ayam plecing taliwang, plecing kangkung, yang sangat pedas itu, detikcom pun masuk ke sebuah gerai penjual mutiara bernama ‘Siti Hajar’. Nama toko ini yang mirip dengan nama istri Nabi Irbahim ternyata adalah nama sang anak dari pemilik kios sekaligus perajin, Pak Abdullah. Sang anak yang masih belia pun melayani setiap pembeli dengan ramah. Kios ini yang teletak tak jauh dari Mataram Mall ini salah satu kios paling laris dibanding sekelilingnya. Kios ini menjual beragai kelas mutiara, mulai dari yang termurah sampai kelas menengah bahkan termahal. Mutiara yang dijual dari mutiara asli air laut, budidaya di air tawar, sampai mutiara palsu alias imitasi.

Mutiara air laut dibudidayakan di laut, bentuknya biasanya lonjong, bulat, dan terkadang tidak beraturan. Warnanya pun bervariasi dari putih, emas, hitam, hitam keabu-abuan, hitam kemerah-merahan, putih kekuningan, dan silver. Mutiara air laut dijual di atas Rp 100.000 rupiah tergantung berat, ukuran dan bentuknya. Mutiara air laut yang berkualitas prima, berbentuk bulat dan tanpa cacat, dijual Rp 200.000 per gramnya. Timbangan kecil pun disediakan untuk menimbang berat mutiara, namun tenang saja harga masih bisa ditawar dengan gaya khas pasar, maju mundur cantik.

Sementara mutiara air tawar dibudidayakan di air tawar, bentuknya biasanya seperti bakpau atau lonjong. Warna mutiara air tawar lebih bervariasi seperti hitam, biru, pink, putih, oranye, hijau, merah, dan kuning. Mutiara air tawar harganya lebih murah. Mutiaran air laut dan mutiara air tawar yang asli bila digigit seperti pasir namun tidak tergores. Di samping mutiara itu ada juga mutiara yang disuntik, harganya lebih murah. “Itu suntik,” kata Hajar sembari menyebut angka Rp 100.000 untuk harga sebuah cincin bermata mutiara keemasan nan cantik.

Selain kalung, beragam jenis perhiasan mutiaran memang dijual di toko ini. Ada cincin cantik, gelang eksotis, bahkan untaian tasbih mutiara dipasang di etalase. Untuk tasbih harganya bervariasi dimulai dari Rp 200 ribu, tergantung keindahan dan ukuran dan bobot mutiara pembuatnya. Gelang, cincin dan kalung yang dipasangkan dengan mutiara berbahan perak dan rhodium yang bisa disepuh namun warnanya tak mudah luntur.

Grade A berbentuk bulat, permukaan ada tanda-tanda kecil atau agak cacat halus, harganya biasanya lebih murah di kisaran Rp 100 ribu. Sedangkat grade AA berbentuk agak bulat, permukaan bersih tanpa cacat signifikan dan mengkilap dengan baik, harganya dijual Rp 200 ribuan per gram. Yang paling top adalah grade AAA, bentuknya bulat benar, permukaan bersih dan mulus, mengkilap sangat kinclong seperti cermin, per butirbya bisa jutaan rupiah.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita/d-2828390/warna-warni-mutiara-cantik-nan-memikat-di-lombok?_ga=2.112784966.31111911.1524099710-2015879252.1524099710
Comments
Loading...