Kerajinan Nentu Di Muna

0 540

Kerajinan Nentu Di Muna

Kerajinan tangan “nentu” adalah salah satu kerajinan tangan berbentuk anyaman dengan bahan dasar batang tanaman merambat yang oleh masyarakat Muna dikenal sebagai “nentu”.  Hasil kerajinan tangan “nentu” ini sudah sangat dikenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Muna.

Produk-produk yang dihasilkan dari kerajinan tangan “nentu” ini sangat kuat dan tahan lama, karena batang “nentu” sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan ini sangat kuat dan alot namun ringan.  Bahkan konon katanya jauh lebih kuat dibanding anyaman berbahan dasar rotan sekalipun. Anyamannya pun sangat rapat dan rapi, tidak mudah koyak dan tidak mudah lapuk dalam waktu bertahun-tahun.

Tanaman “nentu” tumbuh liar di hutan di Kabupaten Muna. Tanaman ini juga terdapat di Muna Barat, Buton Tengah, Buton, Buton Utara dan Bombana di Sulawesi Tenggara. “Nentu” sekilas seperti tanaman parasit yang tumbuh di hutan dengan batang yang merambat hingga melilit pada batang maupun ranting pohon kecil. Batang yang sudah tua inilah yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan anyaman. Namun, karena permintaan akan kerajinan tangan “nentu” ini semakin meningkat, maka untuk menjamin keberlangsungan kerajinan ini pemerintah Kabupaten Muna mulai memfasilitasi pembudidayaan “nentu”.

Di Kabupaten Muna, pengrajin “nentu” tersebar pada hampir semua wilayah, namun saat ini yang benar-benar menekuni kerajinan ini ada di desa-desa sekitar obyek wisata, seperti Desa Lohia, Mantobua dan Korihi. Pengunjuka obyek wisata Danau Napabale, Pantai Meleura atau Liangkobori dapat membeli produk kerajinan ini dekat dengan tempat wisata, dapat menyaksikan proses pembuatannya atau bahkan dapat juga mencoba sendiri membuat kerajinan anyaman “nentu” ini.Saat ini, sudah sangat banyak ragam produk yang dihasilkan oleh para pengrajin “nentu” di Kabupaten Muna. Beragamnya produk yang dihasilkan ini tidak lepas dari inovasi para pengrajin dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang berasal dari berbagai kalangan. Produk-produk yang dihasilkan dari kerajinan tangan “nentu” ini bervarisi, baik jenis, bentuk maupun ukurannya. Produk-produk yang banyak dihasilkan antara lain tudung saji, tempat tisu, vas bunga, talang, tatakan dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Source http://munabangkit.com http://munabangkit.com/kerajinan-tangan-nentu/
Comments
Loading...